Saturday, July 9, 2011

Row 24

Follow or Swallow : The Intuition


Mau jadi apa kalo sudah besar nanti? tanya Pak Guru kepada Gamal, murid kelas 3 SD.  Insinyur pertanian, jawabnya lantang.  Umur 13 tahun Gamal ikut ibunya ke Bogor dan melewati gedung yang bagus sekali dengan pohon-pohon yang rindang.  Gedung apa itu bu? Oh, itu untuk orang yang mau jadi insinyur.  Gamal nanti kalo sudah besar sekolah di situ ya bu.  Saat ini Gamal sedang mengambil program doktoral di Munchen.

Tolong antar barang itu ke alamat ini, kata Boss kepada Ananta sang delman (delivery man).  Ananta sangat buta  dengan daerah yang tertera di alamat itu, tapi dengan keyakinan penuh dan tanpa ragu-ragu dia berangkat dengan Supra Fit-nya, hanya sedikit tanya dan ‘filing‘nya ia akhirnya sampai ke tempat tujuan.  Seterusnya tiap menuju suatu tempat, hanya mengandalkan filing saja ia ke sana, dan selalu saja ketemu alamat yang dituju.

Hani sering bercerita tentang sesuatu kepada Sugi, misalnya kebakaran.  Eh ngga lama kemudian ada kebakaran di sekitar situ.  Lain hari dia bilang ada banyak asap dan bunyi meraung-raung di kampungnya, eh nyatanya memang 2 minggu kemudian ada fogging di kampungnya.

Sahaya sebaiknya ngga masuk kerja hari ini, kata ibu.  Dan siangnya gedung berlantai 14 tempatnya bekerja itu hancur akibat gempa.

Wawan mengurungkan niatnya pergi ke Samarinda naik pesawat karena perasaannya ngga enak waktu istrinya telpon anaknya sedang demam.  Ia pulang ke rumah dan anaknya sembuh melihat ayahnya pulang, dan di TV disiarkan sebuah pesawat menuju Samarinda jatuh dan terbakar di tengah ladang.
Kejadian bawah sadar yang dialami beberapa orang tadi mungkin salah satu ciri dari intuisi yang dimilikinya. 

Tinggal bagaimana mereka untuk menyadarinya atau tidak. Kalau mereka sadar, maka sebaiknya intuisi ini terus diasah, kalau tidak dia akan tumpul. Kalau mereka tidak sadar, maka intuisi akan selalu mengikuti kemana ia pergi. 

Follow or Swallow. Karena pada dasarnya intuisi ada di tataran bawah sadar otak manusia. Seluk beluk tentang intuisi ini juga saya kurang banyak paham, tapi kalau saya mau tahu banyak maka saya langsung nanya ke paman google saja.