Saturday, July 9, 2011

Pos 10

Genesis : dari FB, Twit, Blogger & Nyangkut di Kompasiana


Lebaran tahun 2009 kemarin, seperti biasanya keluarga pada ngumpul di rumah. kebanyakan tema sentral obrolan adalah tentang media sosial yg sedang mereka gandrungi (FB dibaca mesbuk). saat itu ada sodara yg dah punya temen ampe dua ribu lebih (saat ini udah 4.236 org). pokoke mereka rame banget cerita ini itu, sambil pencet2 hp nya. mata dan obrolan ke orang, tp tuh tangan terus aja pencet2 hp ampe lecet. disuguhin makanan apa aja ditanggapi adem aja, ya udah, gw aja yg terus asyik makan.

Tahun berikutnya begitu juga, tp agak kurang seru, obrolan mereka udah ke aneka topik lainnya. tp seliwatan mah, ada aja tema tentang media sosial. apalagi penggalangan dukungan, pengadaan acara apa aja, memang lewat mesbuk itu. cepet banget nyebarnya, katanya.

Suatu saat ada keponakan yg bilang, kok abang ga bikin mesbuk sih, seru loh. gw mah biasa aja nanggapinnya, soalnya ga ngerti babar blas. iye besok gw bikin, gw mau cari bukunya dulu gimana caranya bikin mesbuk, apa yg perlu disiapkan, apa yang perlu dibeli, alat dan bahan, metode pengerjaan, siapa pembimbingnya, lokasinya dimana, pilihan warnanya, bentuknya, baunya, dst dst dst.
Jadilah mesbuk yg gw bikin asal aja, ngga terlalu istimewa, pokoknya tiap ada isian yg harus dilengkapi, gw coret aja sekenanya. form isiannya banyak banget, kayak mau daftar jadi klien asuransi aja (axa, pru, bp, aia dll). ngga masalah, gw ahlinya dlm hal isi mengisi form, yg penting komplit, yang udah selesai boleh pulang katanya bu guru.

Gimana ini, abis bikin mesbuk ngapain. kt keponakan, cari temen bang. lah, khan temen gw banyak, apa ngga langsung otomatis gitu dapet dua ribu orang? weleh dalah, ternyata rumit juga urusannya. saran tetangga mah pake google aja nyari temennya. oke deh.

siapa ya .. temen2 yg musti gw cari, temen banyak tapi kalo urusan nama gw ngga tahu nama lengkap mereka, cuma biasa manggil sebutannya aja. hmmmmm, eh inget satu nama, heru sutadi, temen smp, terus nama-nama lainnya langsung berurutan nongol. langsung gw search di google, tp bukan alamat mesbuk yg ada, cuma berita doang (belakangan gw tahu dan gw jabanin tiap hari, ini blog namanya). … dst dst dst. 

akhirnya gw bisa juga mesbuk-an, dan ampe hari ini tembus angka yg fantastis dlm hal jml temen gw. lumayan buat seorang pemula. soalnya, pas gw mesbuk-an, ada yg nyeletuk, “hari gini baru mesbuk-an, apa kata dunia. ngga apa2, biar telat asal melet-melet terus tiap hari.

sesuai dg hobi gw yg iseng, ya isinya cuma iseng aja, ngga ada yg serius di mesbuk ini. data gw isi sekenanya, malah sekarang gw kosongin aja. poles sana, poles sini, ganti foto profil sehari tiga kali, ampe yg lihat bosen kali, bodo amat, sapa suruh gw bikin mesbuk, tahu sendiri akibatnya.

orang iseng itu ada bosennya juga, semua fitur udah dicoba, apa aja udah dilakonin. hmmmmm, ngapain lagi nih. uits, ada ide. bikin blog. langsung aja ke toko buku beli lima karung buku tentang blog. jadi dah gw bikin blog. eh sebelumnya gw juga bikin tuit nih, tapi jarang gw tengok, ngga ngarti pisan.
di blog ini ternyata fiturnya banyak banget, ada aneka rupa yg bisa diubah tiap hari, ngga statis. 

wah enak juga nih, malah bisa kesalur hobi iseng gw yg suka corat coret. emang dari dulu gw suka corat coret, di meja kelas, di buku temen, di tembok, di kereta api yg lagi lewat, di aspal jalan, di jembatan busway, di baju temen-temen (cuma pas lulusan doang sih), malah pernah di pesawat terbang yg lagi nongkrong di bandara Juanda, soalnya itu pesawat bagus banget, biru, ada tulisannya AMIN FOR PRESIDENT. amin, amin, yaa robbal ‘alamin. gw tulisin aja di bawahnya GW DUKUNG, kalo kuat sih.

soal corat mencoret ini ada akibat jeleknya, konon abis gw corat coret, rumah gw didatengin bang encok sambil bawa golok dan nenteng anaknya yg nangis melolong kayak wolfman. hee mpok suti, ini anak gw dibikin jengker ama ali anak lo. ya jelas aja dia nangis melolong, soalnya mukanya yg jelek pesek, gw coret pake sapu lidi.


Pas lagi butek ini kepala, gw klik aja kompas.com, eh ada selipan kompasiana, ya gw ubek2 aja semua isinya, ternyata banyak banget, dalamnya sedalam jurang atlantis, jauhnya sejauh bintang aries, deketnya cuma sejengkal doang, tinggal klik ajah.

Alhasil coba-coba gabung ajah. Eh, langsung diterima, tanpa ba, tanpa bu, meluncur deras secepat air terjun niagara. Selanjutnya apalagi ya? Ah entar aja dipikiran, lagi asyik ngitungin waktu yg dijatah cuma sejam sekali nulisnya.

Ngga apa-apa. Menulislah Kamu Sebelum Ditulis Dia.