Saturday, July 9, 2011

Return 43

Anas


Tetangga gw ini bener-bener deh, mentang-mentang udah baik hati sering nganterin makanan ke gw, eh buntutnya pasti ada aja. Tolong betulin ini dong, tolong anterin si bontot dong, tolong ketikin tugas anak aye dong.

Apalagi pas tahu gw punya modem gratisan, udah deh, apa-apa gw disuruh nyari di internet, pengen resep kue lah, pengen liat muka artis lah, dll dll dll. Terakhir minta data tentang bisnis yang lagi dicoba bikin ama encangnya. Karena gw butuh goreng pisangnya, ya udah gw kasih datanya.

Berikut data yang diminta sama tetangga gw.

Makhluk yang mau dibisnisin ama tetangga gw namanya anas, bukan anas yang impor tetapi anas lokal yang merupakan keturunan dari tetua pendatang yang telah mengalami domestiksi tetapi belum jelas tahun masuknya tetua tersebut ke wilayah Indonesia.

Anas tersebut dikelompokkan berdasarkan habitatnya, yaitu :

1. anas daratan rendah (Cirebon, Karawang, Serang)
2. anas gunung atau dataran tinggi (Cihateup) dan
3. anas rawa (Alabio).

Anas yang dipelihara saat ini disebut Anas domesticus. Anas ini berasal dari domestikasi anas liar (Anas moscha) atau wild mallard.

Anas bersifat omnivorus (pemakan segala).

Ciri-ciri kaki pendek dari tubuh, kaki memiliki selaput renang, paruh ditutupi selaput halus yang sensitif, bulu cekung, tebal, berminyak, memilki lapisan lemak di bawah permukaan kulit, dagingnya gelap (dark meat), tulang dada anas berbentuk sampan.

Anas merupakan unggas air yang dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya yang mempunyai ciri-ciri umum tubuhnya ramping, berjalan horizontal, berdiri hampir tegak seperti botol, lincah sebagai ciri unggas petelur.

Merupakan hewan monogamus atau hidup berpasangan yang biasa diternakan untuk dambil daging dan telurnya. Anas lokal Indonesia umumnya tipe petelur, dengan  masak kelamin umur 20-22 minggu, lama produksi 15 bulan.

Data yang gw bikin gw print berikut gambar-gambarnya sekalian, biar tetangga gw puas. Dan tak lupa gw minta dikirimin sampelnya yang udah mateng tentunya.

Tetep aja dia ngga mau rugi, minta dibikinin spanduk buat lapaknya. ANAS PANGGANG SAUS PADANG mpok INDUN.

Lumayan, malam yang dingin abis diguyur hujan deres, dapet anas panggang saus padang.