Saturday, July 9, 2011

Return 49

Sri


Jam 15.25 WIB, waktu yang sangat rawan buat mata yang tinggal 15 watt, saatnya untuk ngopi dan ngindomie telor. Kabur diam-diam sebentar ke warteg di ujung jalan.

Tumben pengunjung rada sepi, cuma ada seorang klien yang lagi asyik makan di bagian sudut warteg. Gw masuk ambil posisi favorit, di dekat jendela biar bisa lihat situasi jalan dan kios gw. Sri seperti biasa tersenyum dan ngga perlu lagi nanya pesenan gw, cukup bilang, “ biasa !! ”.

Orang yang paling hebat ini menurut gw adalah Sri, bukan Sri Mulyani, bukan Sri Ambarwati, bukan, Sri Paduka Raja, tapi Sri penjaga warteg. Bagaimana ngga dibilang hebat, tiap orang yang dateng, cuma bilang ‘biasa’ maka Sri pasti sudah hafal pesenan orang tersebut.

Kopi yang dibikin juga sesuai dengan kliennya, kalo buat gw jelas, kopi sesendok teh lebih dikit, gula dua sendok teh ceper. Kalo buat supir truk yang biasa mangkal, kopinya gelas gede, sedikit gula, kalo buat karyawan kantor biasanya kopinya manis banget, buat pak satpam dia bikin kopinya black tanpa gula, dan buat siapa saja yang biasa mampir ke warteg, si Sri sudah hafal pesenannya.

Soal makan juga begitu, Sri hapal bener selera makanan tiap pengunjungnya. Ada yang hobi telor ceplok, telor dadar, tempe orik, cumi, ikan kembung, sayur kangkung, sayur sop, dan lain-lain deh, banyak menu tersedia.

Urusan bayar pajak ke Pemerintah, Sri ora mudeng, ngga ngarti. Padahal ada aturan dari Pemerintah yang mengenakan pajak ke warteg dan usaha makanan/minuman sebesar 10% dari omzet per tahun.Jadi kalo dapet 60 juta setahun musti bayar pajak 10%-nya.

Kalo dihitung omzet per hari 170 ribu perak udah kena pajak. Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta bilang ada sekitar 35 ribu warteg di ibukota, jadi sumbangan pajak dari warteg ini setahunnya bisa mencapai 190 milyar rupiah. Angka yang cukup besar.

Buat Sri dia hanya dagang aja, melayani aja, yang penting dagangannya laku, laris, hasilnya ditabung buat pulang kampung, syukur-syukur lebaran besok bisa nenteng BB buat pamer di kampung.

Ada 35 ribu Sri-Sri lainnya di ibukota dan sekitarnya, mereka hanya dagang, tetapi tanpa sadar mereka sudah menyumbang pajak buat Pemerintah. Dan harga jual ke konsumen juga ngga terlalu banyak naiknya, standar saja, kecuali kalo ada fluktuasi harga sembako di pasar.

Jadi bukan tanpa alasan saya menganggap Sri ini tokoh walaupun tidak sehebat Sri Mulyani.

Sri penjaga warteg begitu paham konsumennya, tahu takaran kopi tiap orang, dan yang saya lihat pembukuannya juga sederhana, Cuma dua kolom, nama dan hutangnya berapa. Jadi saya sendiri juga agak bingung bagaimana petugas pajak melakukan penghitungan nilai pajak warteg si Sri dan 35 ribu warteg lainnya. Saya yakin ada hitung-hitungannya sendiri.

Sri penjaga warteg, always listen always understanding (maaf bukan iklan nih).