Saturday, July 9, 2011

35 Kolom

Indonesia Di-blacklist Jerman Gara-gara Isu Terorisme


“Ketika itu saya kaget karena mendapat surat dari dinas keamanan kota setempat. Saya harus datang membawa paspor saya. Dan disanalah saya harus mengisi berlembar-lembar pertanyaan yang berkaitan dengan terorisme. Pada waktu itu saya ditemani oleh seorang teman saya berkewarganegaraanJerman. Kepada saya juga diperlihatkan daftar negara yang masuk ke dalam blacklistIndonesia adalah salah satunya”.

Petikan di atas adalah tulisan rekan yang berada di Bochum, Jerman.

Saya jadi bingung, mengapa Indonesia begitu gencar mengekspos aksi Densus 88 dalam mengejar terorisme, malah pakai acara siaran langsung segala. Apapun maksudnya tentu ada konsekuensi logis yang menyertainya.

Contoh konkret seperti yg terjadi di atas. Tiap WNI yang berada di Jerman, entah negara Eropa lain memberlakukan atau tidak, maka akan diinterogasi dan diawasi. Kalau hingga kini status Indonesia belum dicabut dari daftar blacklist, maka ketidaknyaman akan menghantui tiap WNI yang hendak ke Eropa, Jerman khususnya.

Saya menghubungi rekan yang sedang studi S3 di Swedia, pemeriksaan terhadap WNI agak kurang mencolok, walaupun tetap harus mengisi formulir.

Perlu perhatian dan langkah pemerintah untuk memulihkan nama baik bangsa ini, agar tidak terus di-blacklist sebagai negara sarang teroris. Belum lagi isu sarang koruptor dan isu-isu lainnya.