Monday, July 11, 2011

Citizen Journalism

Ketentuan Jurnalisme Warga


Kegiatan Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) di Kompasiana sedikit banyak bersentuhan dengan pihak-pihak di luar Kompasiana. Oleh karena itu, Ketentuan Jurnalisme Warga berikut wajib dicermati oleh setiap Kompasianer:

  1. Jurnalisme Warga adalah kegiatan warga dalam mengumpulkan, melaporkan, mengolah dan menyebarluaskan suatu fakta kejadian atau peristiwa,.
  2. Jurnalisme Warga dilakukan atas dasar keinginan pribadi dan dipublikasikan atas nama diri sendiri, tanpa melibatkan Kompasiana sebagai media yang digunakan untuk menyebarluaskan kegiatan jurnalistik tersebut.
  3. Kompasianer tidak dibenarkan dan tidak berhak menyebut dirinya sebagai Wartawan/Jurnalis/Reporter Kompasiana, baik di dalam Tulisan maupun pada saat melakukan kegiatan jurnalisme warga.
  4. Kompasianer tidak dibenarkan dan tidak berhak mengafiliasikan dirinya dan atau menggunakan nama Kompasiana pada saat mengumpulkan, melaporkan, mengolah atauppun mempublikasikan suatu fakta kejadian atau peristiwa. Nama Kompasiana hanya bisa disebut sebagai Media Warga (Citizen Media) yang Kontennya berasal dari para warga.
  5. Kompasiana tidak mengeluarkan surat izin, surat keterangan, surat penugasan dan atau surat kuasa kepada siapapun atau pihak manapun untuk melakukan kegiatan Jurnalisme Warga.
  6. Kompasiana tidak pernah memiliki dan atau mengangkat seseorang untuk bekerja sebagai Jurnalis Warga atau sejenisnya.
  7. Kompasiana beserta para pengelola dan KOMPAS.com selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas segala tindakan yang dilakukan oleh orang atau pihak yang dalam melakukan kegiatan Jurnalisme Warga mengatasnamakan Kompasiana, KOMPAS.com, harian KOMPAS dan atau Kompas Gramedia.

PERINGATAN:

Harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan, pemerasan, pemalsuan identitas dan tindak kejahatan lain yang dilakukan oleh orang atau pihak yang mengatasnamakan Kompasiana. Kompasiana tidak memiliki Jurnalis Warga. Kegiatan Jurnalisme Warga yang dibenarkan di Kompasiana adalah seperti yang tercantum dalam Ketentuan ini. Dan perlu kami ingatkan, Jurnalis KOMPAS.com yang ditugaskan menangani Kompasiana selalu dilengkapi dengan Kartu Pers yang diterbitkan dan ditandatangani oleh Pimpinan KOMPAS.com saat melakukan kegiatan jurnalistik dan atau kegiatan Kompasiana.

Statuta 115

Ketentuan Layanan


Kompasiana adalah sebuah Media Warga (Citizen Media) yang seluruh isinya berasal dari para pengguna internet. Kompasiana berhak memoderasi, menghapus ataupun tidak menayangkan Konten yang ada. Moderasi dilakukan terhadap Konten yang sudah ditayangkan oleh pengguna.

Ketentuan Layanan berikut dibuat oleh Kompasiana dan berlaku untuk semua orang baik yang membaca maupun yang menggunakan situs, layanan, fitur dan konten yang ada di Kompasiana (www.kompasiana.com).

Pastikan Anda membaca Ketentuan Layanan ini sebaik-baiknya. Dengan mengakses dan menggunakan Kompasiana, berarti Anda telah memahami dan setuju untuk terikat dengan semua peraturan yang berlaku di situs ini. Jika Anda tidak setuju untuk terikat dengan semua peraturan yang berlaku, silakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini.

DEFINISI UMUM

  1. KOMPAS.com (www.kompas.com) adalah situs berita terpercaya di Indonesia yang diperbarui (update) setiap saat selama 24 jam. Hak cipta dan merek dagang KOMPAS.com dimiliki oleh PT Kompas Cyber Media, salah satu unit usaha Kompas Gramedia.
  2. Kompasiana (www.kompasiana.com) adalah sebuah Media Warga yang seluruh kontennya diisi dan dikelola oleh pengguna internet (user-generated content). Kompasiana dibuat dan dioperasikan oleh KOMPAS.com.
  3. Pembaca adalah setiap orang yang mengakses situs Kompasiana. Pembaca tidak memiliki akun di Kompasiana, oleh karena itu ia tidak bisa menempatkan Konten apapun ke Kompasiana. Pembaca juga tidak bisa menggunakan Fitur dan Layanan Kompasiana seperti fitur Komentar dan Peringkat.
  4. Kompasianer adalah orang yang memiliki akun dan Halaman Profil dengan alamat http://kompasiana.com/namapengguna. Kompasianer bisa menggunakan Fitur dan Layanan Kompasiana.
  5. Admin adalah orang yang memiliki akses untuk memoderasi Konten. Admin berhak untuk tidak menayangkan (unpublish) atau menghapus Konten yang telah ditempatkan dan atau ditayangkan di Kompasiana. Admin juga memiliki kewenangan untuk memberi peringatan, menutup, memblokir dan atau menghapus akun di Kompasiana.
  6. Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem Kompasiana dan atau ditayangkan (published) di situs Kompasiana, terdiri dari tulisan, komentar, file foto, video maupun audio. Juga termasuk Konten yang diunduh (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embed) ke dalam materi yang ditayangkan di Kompasiana.

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Fitur dan Layanan Kompasiana hanya bisa digunakan oleh Pengguna yang telah mendaftar. Setelah mendaftar, Kompasianer terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Penggunaan ini dan ketentuan lain yang telah ditetapkan oleh KOMPAS.com.
  2. Setiap orang boleh mendaftar dan mendapatkan akun Kompasiana. Registrasi menggunakan sistem Single Sign On KOMPAS.com yang sekaligus dapat digunakan untuk mengakses layanan lain yang disediakan oleh KOMPAS.com. Penggunaan layanan KOMPAS.com lainnya diatur terpisah dari Ketentuan Layanan ini.
  3. Untuk saat ini, pendaftaran hanya berlaku untuk dan atas nama satu orang, bukan atas nama satu komunitas, kelompok atau organisasi. Ketentuan untuk keanggotaan komunitas akan diumumkan kemudian.
  4. Saat mendaftar, Pengguna wajib memasukkan data yang akurat, baru dan lengkap. Kompasiana berhak meminta salinan kartu identitas apabila dibutuhkan dan berhak menghapus akun yang terbukti menggunakan identitas palsu. Dalam tahap berikutnya, Kompasiana akan memberlakukan mekanisme Anggota Terverifikasi (Verified Member).
  5. Kompasianer wajib menjaga Password, alamat Email dan data pribadi lainnya yang ditempatkan di Kompasiana.
  6. Setelah memiliki akun di Kompasiana, Kompasiner dapat:
    1. Menempatkan dan atau menayangkan Konten sepanjang tidak bertentangan dengan Ketentuan Layanan.
    2. Mengelola Konten yang telah dimasukkan dan atau ditayangkan dengan fitur pengelolaan yang tersedia.
    3. Memberi komentar, peringkat dan berbagi Konten ke situs Media Sosial (Social Media) lain.
    4. Mengelola komentar yang diterima (menghapus, tidak menayangkan atau menandai sebagai spam), baik komentar di Tulisan ataupun di Halaman Profil.
    5. Berkirim pesan dengan sesama Kompasianer.
    6. Menjalin pertemanan dengan sesama Kompasianer.
    7. Melaporkan Tulisan dan atau Kompasianer lain yang dianggap melanggar Ketentuan Layanan.
  7. Kompasianer bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan di Kompasiana. Dan dengan ini menyatakan bahwa Konten tersebut ditempatkan dan atau ditayangkan atas kesadaran dan kemauan sendiri.
  8. Pada saat ingin menempatkan atau menayangkan Konten di Kompasiana, Kompasianer dilarang:
    1. Menulis Judul Tulisan menggunakan huruf kapital.
    2. Menayangkan lebih dari satu Tulisan dalam satu waktu secara bersamaan (jarak antara satu tulisan ke tulisan lain paling cepat satu jam).
    3. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun.
    4. Menyalin, menayangkan-ulang atau meneruskan sebagian atau seluruh Tulisan, Komentar dan atau Berita milik orang atau pihak lain tanpa maksud membuat Tulisan atau Berita baru yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat disebut sebagai Konten miliknya.
    5. Menayangkan cuplikan suatu Tulisan yang sudah ditayangkan di Kompasiana, blog atau situs internet lainnya.
    6. Memuat dan atau menayangkan materi iklan atau Konten lain yang secara langsung atau tidak langsung berisi ajakan untuk membeli produk/barang/jasa yang tercantum dalam tulisan. Hal ini termasuk dengan cara penggunaan Tag, Judul, Tautan dan atau signature pada tulisan.
  9. Kompasiner dilarang menempatkan Foto milik orang atau pihak lain sebagai pelengkap atau penghias Tulisan tanpa izin dan atau tanpa menyebut nama pemilik dan atau sumber Foto.
  10. Foto yang berasal dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Yahoo! tetap harus disebutkan sumber aslinya.
  11. Sebelum menayangkan Tulisan, Kompasianer diminta memilih kategori atau rubrik yang sesuai dengan isi, tema atau konteks Tulisan; serta memerhatikan ketentuan Jenis Tulisan yang berlaku sebagai berikut:
    1. Reportase: Tulisan yang berisi berita, kejadian atau pengalaman pribadi tanpa disertai pendapat, opini atau gagasan dari Penulis.
    2. Artikel: Tulisan yang berisi pendapat, gagasan, tips atau tutorial.
    3. Fiksi: Karya sastra dan fiksi seperti puisi, cerita pendek, dan novel.
  12. Kompasianer dilarang mengirim Komentar dan atau Pesan Berantai (spamming) dengan atau tanpa mencantumkan satu alamat website tertentu.
  13. Kompasianer dilarang menyerang, menghina dan atau menjatuhkan karakter atau pribadi Kompasainer lain dengan cara dan tujuan apapun. Apabila menemukan Kompasianer yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Layanan, gunakan fitur Laporkan Kompasianer (butir 21).
  14. Kompasianer dilarang menempatkan Konten apapun dengan cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server atau jaringan Kompasiana/KOMPAS.com.
  15. Dengan mendaftar di Kompasiana, Kompasianer memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan dan atau menayangkan Konten yang:
    1. Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
    2. Melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, menipu, curang atau menimbulkan kebencian pada orang atau golongan tertentu.
    3. Menghina, melecehkan, merendahkan atau mengintimidasi individu atau grup individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia atau cacat fisik.
    4. Melanggar norma kesusilaan, cabul dan pornografi.
    5. Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
    6. Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).
    7. Memuat kata-kata atau gambar-gambar yang berisi dan atau menimbulkan rasa ngeri, kasar, kotor, jorok, dan sumpah serapah.
    8. Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    9. Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari software atau hardware komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
    10. Melanggar Ketentuan Layanan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada di Kompasiana.
  16. Sebelum menempatkan dan atau menayangkan Konten, Kompasianer wajib memastikan bahwa setiap Konten tersebut tidak melanggar salah satu ketentuan yang tertulis pada Ketentuan Layanan ini, termasuk ketentuan pada butir 15 (limabelas) di atas.
  17. Kompasiana dan KOMPAS.com tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Oleh karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan oleh Kompasianer, Kompasiana berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik Konten, termasuk alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem Kompasiana kepada Pihak Berwenang.
  18. Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Kompasiana, Kompasianer mengizinkan Admin untuk:
    1. Menghapus tulisan, pesan dan atau komentar yang melanggar Ketentuan Layanan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
    2. Menghapus Foto yang melanggar Ketentuan Layanan dan atau tidak mencantumkan sumber dan atau pemilik foto.
    3. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline (Tulisan Utama). Admin menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Ketentuan Layanan foto seperti diatur dalam Ketentuan Layanan.
    4. Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun tampilan Kompasiana secara keseluruhan.
    5. Mengoreksi Judul, Isi, Tag, Jenis dan Kategori Tulisan.
    6. Mengubah waktu tayang Konten.
  19. Terkait Konten yang telah ditayangkan di Kompasiana, Kompasianer tidak dibenarkan untuk:
    1. Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    2. Mengubah waktu tayang Konten.
    3. Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.
  20. Admin tidak melakukan pengawasan terhadap Konten sepanjang waktu. Kompasianer diminta ikut serta mengawasi dan memonitor Konten di Kompasiana dengan menggunakan fitur 'Laporkan Tulisan' yang ada di setiap tulisan.
  21. Kompasianer juga bisa melaporkan Kompasianer lain yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Layanan dengan menggunakan fitur 'Laporkan Kompasianer' yang ada di Halaman Profil (www.kompasiana.com/namapengguna).
  22. Kompasiana akan mempelajari setiap Laporan yang masuk dan mengambil tindakan yang diperlukan.
  23. Fitur Laporan seperti tertulis dalam butir 21 dan 22 (duapuluh satu dan duapuluh dua) di atas hanya boleh digunakan untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan, bukan untuk tujuan lain. Admin akan memberikan teguran terhadap penyalahgunaan fitur tersebut.

SANKSI

  1. Apabila terjadi pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan, Kompasiana akan melakukan tindakan tegas secara bertahap, mulai dari:
    1. Penghapusan Konten.
    2. Pemberian Teguran.
    3. Peringatan.
    4. Pemblokiran Akun.
    5. Penghapusan Akun.
  2. Konten yang melanggar Ketentuan Layanan akan langsung dihapus.
  3. Penggunaan Foto dengan tanpa izin dan atau tanpa menyebut pemilik atau sumbernya akan langsung dihapus.

PASAL SANGGAHAN

  1. Kompasiana beserta para pengelola dan KOMPAS.com selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas penyalahgunaan dan hilangnya seluruh atau sebagian data pribadi dan atau Konten yang telah ditempatkan dan atau ditayangkan di Kompasiana.
  2. Kompasiana beserta para pengelola dan KOMPAS.com selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas segala pernyataan, gagasan, pendapat, kekeliruan, kesalahan, ketidaktepatan atau kekurangan yang terdapat pada Konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan oleh Kompasianer.
  3. Kompasianer setuju untuk membebaskan serta tidak membebani Kompasiana beserta para pengelola dan KOMPAS.com selaku pihak yang menaunginya atas segala keluhan, protes, klaim atau permasalahan hukum yang terjadi yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan di Kompasiana.
  4. Gugatan terkait penggunaan Foto yang tidak sesuai dengan Ketentuan Layanan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Kompasianer yang mengunggahnya. Kompasiana tidak bisa dituntut atau digugat atas penggunaan Foto tersebut.

PERUBAHAN KETENTUAN LAYANAN

Kompasiana dapat setiap saat mengganti, menambah atau mengurangi Ketentuan Layanan ini. Kompasianer terikat oleh setiap perubahan tersebut dan karenanya secara berkala diminta melihat halaman ini untuk memeriksa Ketentuan Layanan yang berlaku dan mengikat Kompasianer.

PERUBAHAN KOMPASIANA

Kompasiana berhak mengubah dan atau menghentikan sebagian atau seluruh layanan dan atau fitur sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kebangkitan

Kompasiana dalam Sejarah


Nama Kompasiana diusulkan oleh Budiarto Shambazy, wartawan senior Kompas yang biasa menulis kolom "Politika". Nama ini pernah digunakan untuk kolom khusus yang dibuat pendiri Harian Kompas, PK Ojong, berisi tulisan tajam mengenai situasi mutahir pada masanya. Kumpulan rubrik Kompasiana yang ditulis PK Ojong itu sendiri sudah dibukukan.

Ide pendirian Kompasiana berangkat dari dari fakta tidak semua jurnalis akrab dengan blog. Jangankan punya, membaca blog orang barangkali belum pernah. Jadi, merupakan langkah maju dan terobosan tak terduga manakala sejumlah jurnalis Kompas menyatakan diri ingin menjadi bagian dari Kompasiana dan bahkan sudah langsung mencurahkan pandangan dan gagasannya.

Pada tanggal 1 September 2008, Kompasiana mulai online sebagai blog jurnalis. Pada perjalanannya, Kompasiana berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis. Antusiasme para blogger dan netizen untuk ikut ngeblog di Kompasiana sangat besar sehingga dibuatkan satu menu khusus bernama Public. Pada 22 Oktober 2008, Kompasiana sebagai Social Blog resmi diluncurkan.

Dan baru satu tahun berjalan, Kompasiana telah mengalami perubahan besar-baik dari segi tampilan maupun format dan konsep keseluruhan. Dari sebatas jaringan blog jurnalis menjadi sebuah bentukSocial Media baru yang bisa diakses dan dikelola oleh semua orang. Termasuk Anda.

Tentang Mereka

Kompasiana, Tempat Berbagi dan Berinteraksi


Kompasiana adalah sebuah Media Warga (Citizen Media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

Kompasiana menampung beragam konten yang menarik, bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan dari semua lapisan masyarakat dengan beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi. Keterlibatan warga secara masif ini diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kompasiana juga melibatkan kalangan jurnalis Kompas Gramedia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan.

Di Kompasiana, setiap orang didorong menjadi seorang pewarta warga yang, atas nama dirinya sendiri, melaporkan peristiwa yang dialami atau terjadi di sekitarnya. Tren Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) seperti ini sudah mewabah di banyak negara maju sebagai konsekuensi dari lahirnya web 2.0 yang memungkinkan masyarakat pengguna internet (netizen) menempatkan dan menayangkan konten dalam bentuk teks, foto dan video.

Kompasianer (sebutan orang-orang yang beraktifitas di Kompasiana) juga diberi kebebasan menyampaikan gagasan, pendapat, ulasan maupun tanggapan sepanjang tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Setiap konten yang tayang di Kompasiana menjadi tanggungjawab Kompasianer yang menempatkannya.

Selain itu, Kompasiana menyediakan ruang interaksi dan komunikasi antar-anggota. Setiap Kompasianer bisa menjalin pertemanan dengan Kompasianer lain. Mereka juga dapat berkomunikasi lewat email, komentar dan fitur interaktif lainnya.

Fasilitas dan fitur Kompasiana hanya bisa digunakan oleh pengguna internet yang telah melakukan registrasi di www.kompasiana.com/registrasi. Begitu proses registrasi selesai, pengguna akan mendapatkan blog pribadi dengan alamat http://kompasiana.com/namapengguna. Tanpa registrasi, pengguna hanya bisa membaca konten Kompasiana.

Dengan beragam fitur dan fasilitas interaktif tersebut, Kompasiana yang mengusung semangat berbagi dan saling terhubung (sharing. connecting.) telah berwujud menjadi sebuah Social Media yang informatif, interaktif, komunikatif dan mencerahkan bagi setiap orang.