Monday, June 20, 2011

Satu Saja Pejabat Jujur di Indonesia, Adakah ?

Alkisah sebuah kerajaan di Cina sedang mencari calon pejabat sebuah departemen yang lowong.  Maka diseleksilah orang2 yang dipandang cakap dan mempunyai kapabilitas dari berbagai penjuru negeri oleh sebuah tim.  

Setelah menjalani berbagai ujian, maka terpilihlah 7 orang kandidat yang diajukan kepada kaisar.  Kata Ketua Tim Seleksi "Kaisar, inilah tujuh orang pilihan yang cakap, mumpuni, kapabel dan berpotensi menduduki jabatan di yang lowong tersebut, silahkan Paduka memilihnya".  Jawab Kaisar :"Baiklah, akan kupilih salah satu diantara kalian, namun sebelumnya aku minta kalian menerima sebutir kedelai dan satu buah pot. Tanamlah kedelai itu, rawat dengan sebaik2nya, bulan depan datanglah kemari membawa tanaman itu!!"

Sebulan kemudian, di hadapan para petinggi kerajaan tersebut, dipanggillah tujuh orang kandidat yang akan diangkat sebagai pejabat untuk menunjukkan kedelai yang mereka tanam.  

Enam orang diantaranya dengan bangga menunjukkan kedelai yang telah tumbuh subur karena disiram setiap hari, dipupuk dan disiangi rumput yang mengganggunya.  

Sedangkan orang yang terakhir sambil menangis berkata kepada Kaisar :"Mohon ampun Kaisar, hamba telah berusaha menanam kedelai dari Kaisar, menyiramnya setiap hari serta memberi pupuk, namun tetap saja tidak mau tumbuh Kaisar.  Kalau Kaisar tidak berkenan, hamba ikhlas menerima hukuman dari Paduka...".

Dengan lantang Kaisar berkata " Hari ini, telah aku dapatkan Pejabat yang akan menduduki jabatan tersebut, yaitu si Fulan yang kedelainya tidak tumbuh.  Dia telah jujur kepadaku dan kepada semua rakyat.  Sedang enam orang yang lain, aku  minta agar diberi hukuman karena telah membohongiku dan semua rakyat.  Ketahuilah, kedelai yang aku  berikan itu telah aku rebus sebelumnya, sehingga tak mungkin bisa tumbuh...."

KETAHUILAH, KEJUJURAN DAN INTEGRITAS MORAL ADALAH YANG UTAMA DALAM BERKARYA....!!
...