Monday, March 11, 2013

White Balancing & Spooring

“Mainken manualmu Jang! Jangan cuma minimalis kayak dah jadi artis. Hidup itu bagai ladang tanpa pohon pisang, kalo elu kagak bisa eksperimen jadi betmen yang gak bisa terbang!”
“Opo tho om?” Paijan bingung dengan celoteh gila si om. Dilanjutkannya mengotak-atik kamera dslr kesayangannya sambil satu tangan mencoba menutup telinga kiri. Namun si om rupanya belum kapok, lalu kembali berujar,
“Apaan tuh? Kalo mo bikin fiksi, sekalian fotonya nyang fiktip eh fiksi!”
“Hah?” kali ini Paijan menghentikan aktivitas otak-atiknya dan mencoba keras mencerna ucapan si om.
“Begini nih, dengerin yak?”
“He emmmmm”
.
***
.
Menangkap kejadian dalam dunia nyata dengan kamera itu sudah biasa, apalagi bila kamu dah jago teknik atau punya senjata yang mumpuni. Namun bila tujuan menangkap kejadian (alias memotret) itu untuk hal tertentu yang berhubungan dengan dunia fiksi, itu lain.
Sebagai contoh nih Jang, dengerin. Kalau lu mo bikin cerpen trus butuh foto sebagai pelengkap cerita atau lu perlu foto yang akan lu gunain untuk bahan pembuatan sampul cerpen atau hal yang lain misalnya untuk bahan pembuatan poster, kamu mesti olah pake software olah grafis kan? Nah dengan trik nekat dan gila dari om, kamu bisa meminimalkan olah warna, mungkin cuman perlu olah exposure saja.
Caranya gini yak, mainken custom white balance di kamera dslr-mu. Kalau secara teori yang bener, WB disetting agar kita bisa mendapatkan apa yang ada dengan apa adanya (WYSWYG), maka kali ini kita setir dia (WB) agar mau nurut kita punya keinginan.
Contohnya gini, kalo kita pengen warna foto jadi merah/kemerahan, maka kita pake custom WB warna biru, dan sebaliknya kalo kita pengen warna foto kita pengen jadi biru/kebiruan/kehijauan, kita pake custom WB warna merah.
“HAH?”
“Hi hi hi hi hi”
“Ol rait Jang, langsung ke praktiknya saja yak?”
.
CUSTOM WB MERAH (hasilnya kebiruan/kehijauan)
Pertama, cari benda/latar belakang yang berwarna merah, jepret, lalu buka menu di kamera dslr, cari custom white balance. Kalo dah ketemu, geser gambar kanan atau kiri, cari foto warna merah tadi. Trus bila ada tulisan “use wb data from this image for sustom wb” klik saja oke.
Kedua, setel picture style, sesuai keinginanmu. Kalo punya yang custom juga, ambil saja punya om Kevin Wang, misalnya yang cinema atau fairytale.
Ketiga, setel wb ke custom, trus coba dilihat pake live view, dah bener keliatan biru belum, kayak gini nih contohnya:
.
.
kalo sudah bener, siap dah buat njepret yang aneh-aneh he he he he.
.
CUSTOM WB BIRU (hasilnya kemerahan/magenta)
Pertama, cari benda/latar belakang yang berwarna biru, jepret, lalu buka menu di kamera dslr, cari custom white balance. Kalo dah ketemu, geser gambar kanan atau kiri, cari foto warna merah tadi. Trus bila ada tulisan “use wb data from this image for sustom wb” klik saja oke.
Kedua, setel picture style, sesuai keinginanmu. Kalo punya yang custom juga, ambil saja punya om Kevin Wang, misalnya yang cinema atau fairytale.
Ketiga, setel wb ke custom, trus coba dilihat pake live view, dah bener keliatan merah belum, kayak gini nih contohnya:
.
.
kalo sudah bener, siap dah buat njepret yang aneh-aneh he he he he.
.
“Ol rait om, ai no ai no!”
“Nah cobain dah, sini-sini!” si om menarik-narik tangan Paijan
“Apa sih om?”
“Gue, gue dijepretin, gue pengen narsis hi hi hi hi”
“Yak ampunnnn! Ternyata dari tadi ngajarin yang enggak-enggak itu cuman mo dipoto narsis tho?”
“Yak iyalah, masak ya iya dong!”
PLAKKK… Paijan menepuk jidatnya keras-keras.