Sunday, March 24, 2013

37 Kali Ujicoba untuk Timnas

Jakarta - Dengan persiapan seadanya, Indonesia mampu memberikan perlawanan kepada Arab Saudi. CoachRahmad Darmawan menilai Indonesia butuh banyak ujicoba sebelum laga berikutnya.

Sebelum menjamu Arab Saudi di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (23/3/2013) malam WIB, timnas punya persiapan yang sangat minim. Rahmad bahkan baru mulai melatih timnya pada awal pekan ini.

Namun, hasil yang didapat tidak terlalu jelek. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Boaz Solossa, Skuat Garuda akhirnya harus mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor 1-2
.

Setelah ini, ada jeda waktu sekitar tujuh bulan sebelum Indonesia melanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C. Indonesia baru akan menantang China pada 15 Oktober 2013 mendatang.

Menurut Rahmad, jeda selama tujuh bulan ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk menggelar berbagai ujicoba internasional demi meningkatkan persiapan timnas.

"Saya pikir cuma satu yang harus kita lakukan: memperbanyak ujicoba internasional. Karena tadi jujur pemain-pemain ini sudah absen sangat lama sekali, nggak main dalam suatu partai internasional," ungkap Rahmad.

"Makanya tadi saya garisbawahi di awal, bahwa memang beberapa kelihatan sedikit nervous atau keraguan timbul sehingga tidak lepas. Tapi, di babak kedua mereka mulai mengatasinya. Sehingga ujicoba internasional perlu diperbanyak oleh pelatih yang akan datang," tuturnya.