Sunday, March 10, 2013

Malala Yousafzai : Kandidat Peraih Nobel Perdamaian

Oslo - Masih ingat Malala Yousafzai, remaja Pakistan yang ditembak di kepala oleh Taliban? Setelah diperbolehkan keluar dari rumah sakit karena kesehatannya yang terus membaik, Malala kembali mendapat berkah. Malala masuk nominasi meraih nobel perdamaian.

Malala adalah satu dari 259 nominasi untuk meraih nobel ini. Tahun lalu, jumlah nominasi untuk mendapat penghargaan itu adalah 241 orang.

"Tren ini meningkat, bukan setiap tahun tapi selalu (meningkat)," ujar Kepala Institut Nobel, Geir Lundestad, seperti dilansir ABCnews, Selasa (5/3/2013).

Dari nama-nama itu, mantan Presiden AS Bill Clinton dan Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos masuk juga sebagai nominator. Nama tersangka pelaku pembocoran kabel diplomatik rahasia melalui Wikileaks, Bradley Manning, juga menyempil di antara nominator itu.

"Nominasi tahun ini datang dari seluruh dunia, mulai dari nama-nama terkenal, presiden dan perdana menteri serta nama yang tidak terkenal yang bekerja di proyek-proyek kemanusiaan, aktivis hak asasi manusia," lanjut Geir Lundestad.

Malala ditembak di bus sekolahnya oleh seorang militan Taliban pada Oktober 2012 lalu. Serangan tersebut menjadi pemberitaan media internasional karena Malala ditembak sebagai hukuman atas perannya dalam mengkampanyekan pendidikan untuk anak-anak perempuan di negaranya.

Malala Yousafzai kini sedang melanjutkan rehabilitasinya di kediaman sementara keluarganya di Inggris. Selama ini, ABG berumur 15 tahun itu dirawat intensif di rumah sakit Queen Elizabeth Hospital di Birmingham, Inggris tengah.