Sunday, March 10, 2013

Dino Patti Djalal Telanjang Bareng 7 Orang Samoa

Pago Pago - Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal diangkat oleh pemerintah Samoa Amerika sebagaiMatai (Kepala Suku) dengan gelarFolamauga Ma AliI atau pemimpin pelanglang buana dan dicintai oleh rakyatnya. 

Anugerah gelar itu sebagai bentuk pengakuan atas visi dan keberhasilan Dubes dalam meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia-Samoa Amerika. 

Dubes dinilai telah melakukan berbagai langkah proaktif dalam rangka menindaklanjuti Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia melalui intensifikasi hubungan, tidak hanya terfokus pada negara- negara bagian di AS daratan, namun juga teritorial AS di Pasifik, di antaranya Samoa Amerika. 

Ini merupakan kali pertama pemerintah Samoa Amerika menganugerahkan gelar Kepala Suku kepada Dubes negara asing, demikian keterangan pers KBRI Washington melalui Rizal Wirakara kepada detikcom, Minggu (10/3/2013). 

Pemerintahan Samoa Amerika mengakui bahwa Dubes dalam waktu singkat sangat aktif melakukan terobosan, di antaranya dengan memfasilitasi kunjungan gubernur periode sebelumnya Togiola Tulafono ke Jakarta, Manado, dan Bali (2012). 

Adapun hasil konkrit kerjasama Indonesia-Samoa Amerika yang telah dilakukan meliputi pengiriman ahli terumbu karang untuk menjadi narasumber pada US Coral Triangle Initiative di Pago Pago dan mengalokasikan tempat bagi perwira polisi Samoa Amerika untuk mengikuti pendidikan di JCLEC, Semarang. 

Di samping itu juga penjajagan kerjasama ekonomi pembangunan dalam kerangka Provinsi Kembar Sulawesi Utara-Samoa Amerika, kesepakatan pembangunan Youth Center dan lapangan olahraga bola basket yang akan diselesaikan pada 2013. 

Selain itu, pemerintah Indonesia juga akan memberikan beasiswa seni budaya Indonesia (BSBI) dan menyelenggarakan program peningkatan kapasitas di bidang pertanian. 

Pengangkatan dan penganugerahan gelar Kepala Suku kepada Dubes Dino dilakukan langsung oleh Gubernur Lolo Matalasi Moliga di Pago Pago, Samoa Amerika, Jumat waktu setempat atau Sabtu (9/3/2013) WIB. 

Prosesi pengangkatannya diselenggarakan dalam format upacara adat paripurna sakral di Sui Gaula Ole Atubasa, Pago Bay, dipimpin oleh Wakil Gubernur Lemanu Peleti Mauga. 

Keputusan penganugerahan gelar tersebut kepada seseorang dilakukan secara selektif dan memiliki bobot tinggi serta dihormati oleh seluruh lapisan masyarakat Samoa, baik itu Samoa Amerika maupun Samoa Barat. 

Hadir menyaksikan antara lain para Kepala Suku, Ketua Kadin setempat, bankir dan pejabat teras Samoa Amerika, serta senator dari wilayah Manua yang juga merupakan petinggi politik setempat.