Monday, August 11, 2014

SUPARMAN MENGEJAR SUPERMOON DI LANGIT GEDUNG MK JAKARTA

 Rizki Gunawan

Ini Penampakan Supermoon di Langit Jakarta

PERISTIWA · 11 Agu 2014 00:54

Liputan6.com, Jakarta - Supermoon atau fenomena bulan purnama yang terlihat paling terang dan paling besar dalam periode satu tahun terjadi pada Minggu 10 Agustus malam hingga Senin 11 Agustus dini hari ini.

Fenomena alam ini terlihat di langit Indonesia dari sejumlah titik, termasuk DKI Jakarta. Seperti foto yang diunggah seorang pengguna Twitter, @adityasrp.

"#Supermoon @infoAstronomy dari jakarta pusat," cuit @adityasrp, Minggu (10/8/2014).

Menurut warga Jakarta lainnya, Supermoon terlihat sangat jelas di Jakarta, karena langit yang cerah alias tidak mendung. "Di Jakarta, Supermoon terlihat jelas krn cuaca cerah," kicau @enigma_blog yang juga mengunggah foto Supermoon.

Dalam foto yang dijepret dari langit Ibukota tersebut terlihat jelas betapa sempurnanya bentuk bulan. Satelit alami Bumi itu tampil penuh dan terang benderang.


Supermoon di Jakarta (@adityasrp)

Menurut ilmuwan NASA, Noah Petro, sinar bulan pada malam ini lebih terang sekitar 30 persen dari biasanya, dan ukurannya terlihat 14 persen lebih besar dari malam-malam biasa.

"Ini adalah the superest supermoon," demikian Noah, yang dilansir Reuters.

Supermoon terjadi lima kali pada tahun ini. Pertama pada 1 Januari lalu. Sementara supermoon kedua terjadi pada 30 Januari, yang ketiga pada 28 Juli, keempat 10 Agustus, dan kelima 9 September 2014.

Supermoon di Jakarta (@enigma_blog)

Credits: Rizki Gunawan
.
.