Wednesday, August 20, 2014

SAKSIKANLAH...!!!! VIDEO PEMENGGALAN KEPALA WARGA AS OLEH ISIS ISIS ISIS ISIS

RABU, 20 AGUSTUS 2014 | 09:21 WIB

ISIS Rilis Video Pemenggalan Wartawan AS

TEMPO.CO, Washington – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang kini menyebut diri mereka dengan nama Negara Islam merilis sebuah video pemenggalan terhadap wartawan Amerika Serikat, James Foley, di YouTube pada Selasa, 19 Agustus 2014.

Dalam video tersebut terlihat Foley sedang berlutut di samping seorang pria berpakaian hitam. Ia membaca pesan yang mungkin ditulis pada penculiknya bahwa “pembunuh sesungguhnya” adalah Amerika. (Baca: Mengapa ISIS Lebih Lebat dai Al Qaeda?)

“Aku berharap memiliki waktu lebih banyak. Aku berharap bisa memiliki harapan untuk bebas dan melihat keluargaku sekali lagi,” ujar Foley lebih lanjut. Tak lama setelah itu, kepala Foley dipenggal dengan sebilah pisau. (Baca:Tolak baiat ISIS, 700 Warga Sheitat Dipenggal)

Sementara itu, menanggapi video ini, Dewan Keamanan Nasional AS (NSC) menyatakan masih memeriksa keaslian video. “Kami telah melihat video yang disebut sebagai pembunuhan warga AS James Foley oleh ISIS,” ujar juru bicara NSC, Caitlin Hayden, seperti dikutip CNNhari ini.

Pria berusia 40 tahun itu dilaporkan menghilang pada 22 November 2012 saat bertugas untuk GlobalPost di Suriah bagian barat laut, dekat perbatasan dengan Turki. Foley juga pernah ditangkap di Libya pada April 2011 bersama tiga wartawan lain. Ia kemudian dibebaskan enam minggu kemudian.

Video ini juga menunjukkan sosok jurnalis lain asal AS yang diyakini sebagai Steven Sotloff. Kontributor Time tersebut diculik pada 2013 di Suriah. Kejadian ini merupakan ancaman bagi AS untuk segera angkat kaki dari Irak dalam misinya membantu memerangi ISIS.

***