Wednesday, August 20, 2014

Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari

Rabu, 20 Agustus 2014 , 10:12:00 WIB

Ini Calon Ketua Umum PDIP yang Bisa Menyaingi Prananda dan Puan Maharani

Laporan: Yayan Sopyani Al Hadi 


 9  0 

RMOL. Bincang-bincang di internal PDI Perjuangan kini bukan semata terkait dengan komposisi kabinet dalam pemerintahan Jokowi-JK. Lebih-lebih di antara meraka percaya, Jokowi bisa bersikap bijak dalam menentukan siapa yang cocok untuk duduk sebagai menteri.

Kini, perbincangan justru mulai masuk ke dalam persoalan suksesi kepemimpinan PDI Perjuangan. Kongres PDI Perjuangan sendiri akan digelar pada tahun 2015.

Inti perbincangan lebih kepada siapa sosok yang akan memegang kursi ketua umum. Sebagian kader masih menghendaki agar kursi ketua umum dipegang oleh Megawati Soekarnoputri sambil menyiapkan transisi selanjutnya secara lebih halus.

Di pihak lain, ada keder yang menghendaki agar kursi ketua umum dipegang oleh Puan Maharani, yang dinilai telah meniti karir politik secara berjenjang dan matang. Ada juga kader yang menghendaki agar kursi ketua umum berada di tangan Prananda Prabowo, yang dinilai memahami dengan baik ide-ide besar Bung Karno.

Di luar persaingan dua anak Megawati ini, sebagian mata juga tertuju pada cucu lain Bung Karno. Dia adalah Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari. Puti merupakan putri dari Guntur Soekarnoputra. 

Selama ini, Puti, yang duduk di Komisi IX DPR memang kurang terdengar di publik. Namun dibalik ketidakpopuleran Puti, ada sementara kader yang mengidolakannya. Selain dinilai cerdas, Puti juga dipandang sebagai calon alternatif yang bisa menyaingi antara Puan dan Prananda.[ysa]

***