Sunday, March 3, 2013

Nulis dan Posting Artikel di Blog via Ponsel Android

Nulis dan Posting Artikel di Blog via Ponsel Android
.
terus terang, kerja aku itu banyak duduknya. masukin data sebentaran juga udah kelar. selebihnya bengong. main game. surfing. melonjor. atau kalo lagi ada bang ide lewat, langsung aku catet di ponsel. hari gini ngga perlu bawa-bawa notes dan pulpen buat menangkap ide yang kadung melintas.
.
saat tugas luar atau nemenin ibu boss, semisal antri di puskesmas yang tiap hari pengunjungnya mbludak, pasti dapet nomor antrian ke seratus sekian. dan waktu nunggunya bisa satu dua jam lebih.
.
sambil nunggu, aku buka ponsel android sejuta umat dan mulailah aku mencatat apa aja yang terlintas di kepala. aku sudah install satu apps pengolah kata yang mirip MS Word, malah bisa buka file Powerpoint yang aku copy dari PC ke SD card loh.
.
sebelum berangkat tadi, SD card aku copot dari ponsel, gak perlu matiin ponselnya dulu nih, bisa langsung dicopot sesudah di unmount yaitu masuk ke Setting > SD card > unmount. dengan begitu SD card tidak crash saat dicopot.
.
SD card aku masukkan ke card reader yang imut khusus untuk SD card. card reader aku colokin ke PC dan copy beberapa file yang ingin aku edit, ada file Word, Excel dan Powerpoint, 3 file Ai CS6 aku copy juga, soale mo' diemail. setelah tercopy, SD card aku eject dari PC lalu aku pasang lagi ke ponsel. gampang dan ngga ribet. dicopy langsung via kabel data juga sangat bisa pake banget sih. SD card kadang aku copot dengan satu alasan remeh, ada gambar porno dan video bokepnya nih (ups..... keceplosan).
.
file yang tadi aku copy kini aman di SD card dalam ponsel dan aku kini lagi asyik corat coret tentang suasana di puskesmas. setelah kelar aku simpan di SD card pada folder yang telah aku siapkan. satu artikel siap diluncurkan.
.
dengan menulis dulu di apps, aku tak perlu takut data hilang jika langsung nulis di blog. bisa offline dulu.
.
file yang sudah jadi dan masih terbuka kini akan aku copy isinya ke blog, caranya juga gampang. cukup tekan lama di salah satu kata dan akan muncul windows pilihan : select, select all.  aku pilih select all.
.
akan muncul windows pilihan : copy, cut, paste. aku pilih copy.
.
sudah itu aku save dan close.
.
sekarang aku buka blognya. aku ada install apps Blogger, Wordpress dan bookmarks beberapa blog di situs terkenal. kupilih satu blog.
.
setelah terbuka, aku tab pilihan write. jendela tempat posting pun terbuka. aku tekan lama di cursor kiri atas, lalu muncul pilihan : paste. dan coretan aku di apps pengolah kata kini sudah tersemat di blog-blogan punyaku.
.
setelah insert beberapa gambar pendukung akhirnya aku klik publish. dua menit kemudian artikelku sudah nangkring di blog amatir punyaku.
.
oh ya, mumpung inget. tadi nenek-nenek di sebelahku nanya, apps buat corat coret punyaku apa yah namanya? aku jawab Kingsoft Office, gratis unduh di playstore. di apps ini cara ngetiknya gampang dan fiturnya cukup lengkap untuk sekadar corat coret doang. hasilnya bisa rapi. bisa rata kiri, kanan, justify. cetak tebal, italic, garis bawah, style buat numbering etc etc.
.
terus nenek itu jawab.
.
"lah... kalo itu aye juga udah install, tong..... neeech....."
.
si nenek nyodorin Tab II.
.
doi blogger juga cing.
.
.
#ngeblogviaandroid