Thursday, February 28, 2013

Sede Vacante from Today : Tarcisio Bertone sang Chamberlain

ROMA - Tepat pada pukul 19.00 waktu Vatikan, Gereja Katolik akan memasuki periode yang dikenal dengan istilah "Sede Vacante." Paus Benediktus XVI dikabarkan akan melepaskan jabatannya sebagai Pemimpin Gereja Katolik pada pukul 20.00 dan seorang kardinal senior akan memegang kendali kepemimpinan hingga paus baru ditunjuk.

Kardinal yang akan memegang kekuasaan sementara di Vatikan akan disebut dengan nama Camerlengo (Chamberlain). Pada umumnya, Camerlengo memiliki peranan khusus untuk membuat sertifikat kematian seorang pemimpin gereja. 

Selain itu, Camerlengo juga bertugas menghancurkan "Cincin Nelayan" berwarna emas yang dikenakan paus. Jabatan seorang Camerlengo akan diemban oleh seorang pejabat senior Vatikan, Tarcisio Bertone. 

Hari ini juga menjadi hari di mana para kardinal berkumpul dalam periode Sede Vacante yang secara simbolis dinobatkan sebagai masa akhir kepausan. Kantor pos Vatikan juga akan mengeluarkan stempel baru dalam periode Sede Vacante. Demikian, seperti diberitakan AFP, Kamis (28/2/2013).

Para kardinal akan segera menghadiri konklaf tertutup untuk menunjuk paus baru. Seperti diketahui, seluruh konklaf digelar di Kapel Sistina yang dihias oleh seniman-seniman besar Zaman Renaissance seperti halnya Michelangelo, Raphael dan Sandro Botticelli. 

Kardinal-kardinal itu disumpah untuk merahasiakan prosesi pemilihan paus saat voting berlangsung. Dua pemilihan akan dilakukan pada pagi hari dan dua pada sore hari, sampai satu orang kandidat meraih suara terbanyak (2/3). Pada sesi terakhir, buletin-buletin pemilihan itu dibakar dengan tambahan berupa bahan kimia.

Usai keluar asap putih, lonceng di Basilika Santo Petrus akan berbunyi. Paus baru akan menjalani ritual di Kapel Sistina dan merenungi tugas barunya. (AUL)