Thursday, February 28, 2013

Rasyid Nguap, Kasus pun Menguap

Jakarta - Terdakwa kasus kecelakaan BMW X5 versus Daihatsu Luxio, Rasyid Rajasa, yakin kecepatan mobil BMW yang dipacunya di Tol Jagorawi adalah 80 km/jam, bukan 100 km/jam. Rasyid menegaskan dirinya tidak mengantuk saat itu, hanya menguap.

Demikian pengakuan Rasyid ketika dicecar oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Jalan Dr Sumarno, Nomor 1, Sentra Primer, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2013).

Awalnya, ketika ditanya oleh hakim, Rasyid tak langsung mengakui kecepatannya. Berikut cecaran pertanyaan hakim dengan agenda pemeriksaan terdakwa ini:

Hakim Suharjono (HS): Dalam BAP poin 4 Saudara, saya ingin menayakan, saat itu Anda memasuki jalan Jagorawi dengan kecepatan 100 km per jam, apa itu betul?

Rasyid (R): Pada saat di-BAP, saya dalam keadaan trauma saya belum bisa berpikir. 

HS: Apakah saat itu ada yang menekan Saudara untuk membuat BAP?

R: Tidak ada. Saya trauma berat. Hanya pada saat itu saya belum bisa berpikir jernih. Selain itu saya juga belum pernah terjerat masalah hukum dan saya belum pernah di-BAP. 

HS: Di BAP anda menulis bahwa Anda terlelap? Yang dimaksud apa?

R: Saya menguap

HS: Berarti Anda dalam keadaan ngantuk saat nyetir?

R: Tidak. Sekali lagi saya jelaskan di BAP saya belum maksimal

Kemudian hakim anggota Djaniko Mohamad Girsang juga mencecar Rasyid mengenai menguap dan kecepatan Rasyid. Rasyid mengungkapkan ada mobil yang menyalipnya sebelum berbenturan.

Hakim Djaniko (HD): Saat kejadian apoakah Anda mengetauui ada sifat kealpaan Anda?

R: Ya saya mengakui, saya menguap dan menurut saya itu adalah hal yang manusiawi. 

HD: Menurut Saudara, sifat manusiawinya itu bagaimana?

R: Pada saat menguap, mobil berbenturan karena ada mobil lain yang masuk ke jalur saya. 

HD: Di BAP, kecepatan Luxio 70 km per jam dan kecepatan Saudara 80 km per jam. Secara logika saya katakan itu tidak mungkin karena supir Luxio yang seharusnya melebihi kecepatan Anda, 85 km per jam untuk menyalip Saudara. Apakah Anda yakin kecepatan Anda 80 km per jam?

R: Yang saya yakini kecepatan saya 80 km per jam.