Tuesday, July 26, 2011

2 Jam Kedua

Monorail Metro Makassar


Jika tak ada aral melintang, maka tak lama lagi mungkin Indonesia akan memiliki lintasan monorail pertamanya.

Hal ini terbetik dari berita yang dilangsir oleh tempointeraktif.com, bahwa mantan Wakil presiden RI Jusuf Kalla akan menyiapkan dana investasi Rp 4 triliun untuk membangun monorail pertama di Indonesia.

”Ini proyek yang saya pindahkan dari Jakarta karena birokrasi berbelit-belit,” kata Jusuf saat memaparkan megaproyek ini. Pembangunan di 2012 akan dikerjakan anak perusahaan dari PT Kalla Group yakni PT Indonesia Green Management, serta tenaga ahli PT Bukaka Steel dan PT Bumi Karsa.

Pembangunan monorail di Jakarta yang terhenti di tengah jalan akan diupayakan pembangunannya di wilayah lain yaitu di Sulawesi Selatan, di kota Makassar.

Proyek pembangunan akan dibagi menjadi tiga tahap yakni jalur Terminal Regional Daya (TRD) – Makassar Mall sejauh 8,1 km, rute Kabupaten Maros – Bandara Sultan Hasanuddin - Terminal Regional Daya Makassar 14,1 km. Rute Jalan Urip Sumiharjo – Makassar Mall – Sungguminasa Kabupaten Gowa sejauh 12,1 km. Transportasi tenaga listrik ini akan menghadirkan terminal setiap 2 km. ”Setiap 2 kilometer akan ada terminal untuk mengangkut dan menurunkan penumpang. Ini akan sangat membantu masyarakat menggunakan transportasi murah dan cepat,” jelas Solihin, Direktur Pengembangan PT Kalla Group.

Tentu ini berita yang menggembirakan sekaligus tantangan bagi pelaksananya. Kalau ternyata berhasil dibangun dan selesai tepat waktu, maka banyak manfaat yang akan diberikan bagi masyarakat Indonesia.

Ini akan membuktikan bahwa kita mampu membuat monorail walaupun negara lain sudah bertahun lalu menyediakan layanan ini untuk rakyatnya. Walaupun tidak dibangun di ibukota, tetapi toh bisa menjadi teladan bagi rencana pembangunan di Jakarta nantinya.

Semoga saja rencana ini berjalan dengan lancar, dan kalau ada yang ingin menikmati monorail, tentu harus berkunjung ke Makassar.

Kalau boleh usul maka namanya mungkin menjadi MONORAIL METRO MAKASSAR. Semoga.