Wednesday, October 31, 2012

Haji Tukang Mabuk



Kenalin, name aye Juki, Muhammad Zulkarnaen Al Ayyubi, biase dipanggil bang Juki. Babe aye namenye bang Duloh, Abdullah Syafi’i Jalaluddin. Enyak aye pok Leha, Zulaeha Zinan Zalzabilla.
Babe aye tuh punye tanah lebar banget, dua kali lapangan bola. Tapi itu dulu. Karena anaknye sembilan, maka tuh tanah dibagi-bagi rata. Sisanya ditempatin sendiri sepojokan doang di deket stasiun tipi di Tegalparang.
Cuma gue doang yang ngga kebagian tanah, soalnya katanya gue anak pungut dari panti anak nakal Tangerang. Pas lagi kasih sedekah ke panti, bang Duloh lihat gue lagi ngaji kitab kuning, gape banget. Makanya gue dicomot dibawa pulang ke rumahnya yang gede banget.
Pok Leha kasihan gue ngga kebagian tanah, makanya dibeliin di Srengseng Sawah 250 meter doang. Lumayan lah buat ngadem.
Kerjaan gue ngurusin sapi-sapinya babe, makanya kalo pada ketemuan di jalan ama gue pada nutup hidung. Sapinya banyak susunya, gue tampung di botol-botol bening, sorenya gue atawa si sulung keliling ngider pake sepeda jualan susu sapi.
Dari jualan daging dan susu sapi, semua anak bang Duloh bisa pergi haji. Gue juga udah haji. Malahan anak gue, si Kojek, Abdul Rozak Syawaluddin, baru tahun kemaren pergi haji. Nah si Kojek ini yang mau gue ceritain.
Si Kojek itu anak gue nomor dua yang badung banget. Demen banget dia meres-meres susu sapi, tapi kalo disuruh ngider jualan, dia ogak, abangnya yang ditunjuk. Kalo abangnya ngga mau, ditonjok ama si Kojek. Biar abangnya gede, si Kojek ngga takut-takut acan.
Si Minah, Aminah Ramadhani Ja’far, anak bontot gue, paling cakep di kampung, tapi pada ngga berani deketin, takut ama si Kojek.
“He, bang Juki. Loe ajar si Kojek anak loe. Lihat nih, Sanip anak gue nyonyor mulutnya dibogem ama anak loe”
Begitu kata bang Mamat bawa golok sambil nuntun Sanip anaknya yang habis ditonjok ama si Juki. Gue cuma mesem doang.
“Lah, bang Mamat dong yang musti ajarin kelahi si Sanip, masak jadi anak laki beraninya bawa babenya segala. Lagian jadi anak yang sopan ama anak perempuan orang, main suat suit sembarangan aja. Emang anak gue burung”
Bang Mamat pun mundur teratur begitu tahu si Sanip yang punya ulah.
Si Kojek juga hobi banget nongkrong, ampe udah punya anak bini, masih aja nongkrong ama anak muda. Main bola sodok katanya. Padahal dia udah pergi haji. Kelakuannya ngga ilang-ilang.
Dan ada satu yang paling ditakutin ama si Kojek. Kalo soal yang ini dia musti bawa bekal di kantongnya. Kalo orang bilang sih itu jimat si Kojek. Tak akan lupa si Kojak sama yang satu ini, kemana pun si Kojek pergi.
Syahdan, saat mau pergi bareng-bareng ke undangan ponakan gue di Manggarai, si Kojek pun milih mobil rombongan yang ada AC-nya.
Si Minah seperti biasanya rajin ngintilin Kojek ke mobil.
“Nih, bang Kojek, jimatnya ketinggalan. Bisa berabe nanti di jalanan kalo ngga bawa antimo”