Wednesday, June 22, 2011

Zingiber officinale tak sama dengan Zynga

Jahe merah memiliki nama ilmiah Zingiber officinale Linn Var. rubrum. Di Aceh dikenal dengan nama Halia Barah dan di Jawa dikenal dengan nama Jahe Sunti. Dalam bahasa inggris disebut Red Ginger, di Cina terkenal dengan nama Khan Jiang atauChiang

Jahe Merah termasuk dalam famili zingiberaceae, tumbuhan terna berbatang semu tegak dan tidak bercabang. Batang jahe merah berbentuk bulat kecil, berwarna hijau kemerahan, dan agak keras, serta memiliki bulu-bulu lembut . 

Susunan daunnya berselang-selang dan teratur. Ukuran jahe merah lebih kecil dibanding jenis jahe yang lain. Tanaman ini memiliki tinggi tak lebih dari 60 cm. 

Kalau Zynga ?

Facebook sebagai situs jejaring sosial nomor wahid terutama di Indonesia memang mempunyai andil besar terutama dalam keseharian masyarakat Indonesia entah kalangan atas maupun kalangan bawah karena saat ini tukang becak pun sudah mempunyai akun dalam situs jejaring ini. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh pihak Facebook memang membuat situs jejaring sosial ini melambung jauh dibandingkan saingannya yakni mikroblog Twitter.

Salah satu fitur yang ditawarkan yakni games yang membuat para gamers giat-giatnya mengakses akun mereka siang dan malam. Namun yang disesalkan yakni penyalahgunaan fitur games itu sendiri, akhir-akhir ini maraknya perjudian yang terjadi dikarenakan permainan yang disediakan mengandung unsur perjudian misalnya saja game Zynga Poker atau Black Jack yang menuntut para pemainnya untuk mendapatkan sejumlah token atau chip.

Di dalam Facebook sendiri token atau chip digunakan untuk membeli beberapa fitur tambahan dalam sebuah permainan sedangkan di dunia nyata sendiri chip terkadang ditukarkan dengan sejumlah uang yang saya sendiri tidak tahu kegunaannya.

Dan ada satu kasus lagi yang tidak kalah parahnya dengan perjudian yakni pemblokiran/penerobosan akun milik orang lain demi mendapatkan sejumlah chip yang bagi para gamers sangatlah menguntungkan.
...