Tuesday, July 29, 2014

TRAGEDI JK : MENTAL FEODAL ITU KETIKA IA BERSUKA CITA MELIHAT RAKYAT BERDUYUN-DUYUN BERDESAKAN MENGALAP BERKAH SEDEKAH DARINYA, SIAPAPUN DIA YANG MERASA MENJADI SANG RAJA

Sedekah JK dan Manajemen Sedekah

Khoeri Abdul Muid

29 Jul 2014 | 20:45

OLEH: Khoeri Abdul Muid

Lagi, hari ini 29/07/2014 telah terjadi kematian tragis terjepit dalam antrean pembagian sedekah. Kali ini menimpa seorang bocah 11 tahun di rumah tokoh kita, JK, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Benar bahwa kematian adalah takdir.

Benar bahwa keikhlasan ialah rahasia individualistik seseorang dengan Tuhannya.

Benar bahwa sedekah itu boleh secara terang-terangan ataupun rahasia.

Benar bahwa sedekah yang terang-terangan ataupun yang rahasia sama-sama berprobabilitas dalam katagori ikhlas atau tidak.

Bahwa, ---setidaknya, dengan bersedekah secara rahasia, dalam konteks keikhlasan itu, sudah merupakan usaha, ikhtiar atau ijtihad tersendiri dalam kebaikan di atas kebaikan.

Di samping itu, dengan cara rahasia itu pula, sesungguhnya terkandung maksud ahlak yang baik di atas yang baik, yakni memuliakan sang penerima sedekah.

Dengan demikian, double khan kebaikannya? Ada usaha ikhlas, ada amal pemuliaan kaum dhuafa, dan yang tak kalah pentingnya, dalam konteks kasus di atas ialah mempertimbangkan kemungkinan mudharatnya.

Karena itulah, poin-poin itu barangkali patut diimplementasikan dalam manajemen sedekah.

Demikian.

Salam.***
.
.