Sunday, July 27, 2014

happy eid mubarak 1435 H

Jemaah An-Nadzir di Gowa Rayakan Lebaran Hari Ini

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews

Gowa - Ratusan pengikut jemaah An-Nadzir di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, hari ini melaksanakan salat Idul Fitri. Ratusan jemaah melakukan salat ied di areal perkebunan STTP Gowa, Kec Somba Opu, Gowa, Sulawesi Selatan.

Para jemaah An-Nadzir yang identik dengan rambut panjang warna pirang bagi prianya dan jilbab panjang bercadar bagi perempuannya ini meyakini pergantian bulan Ramadhan ke 1 syawal 1435 Hijriyah pada pukul 13.00 WITA Sabtu (26/7) kemarin. Mereka menggunakan metodologi hisab, rukyah dan pengamatan tanda-tanda alam, berupa pengukuran tingkat air pasang laut tertinggi di tepi pantai. Sebelumnya, anggota jemaah An-Nadzir telah berpuasa pada 27 Juni 2014 lalu.

Pemimpin jemaah An-Nadzir, Ustadz Lukman A Bakti, bertindak sebagai imam dan khatib. Dalam ceramahnya, ia menyinggung semangat ke-Pancasila-an yang menjadi motor penggerak dan pemersatu umat Islam di Indonesia.

"Ruh Pancasila yang menghidupkan persatuan dan kesatuan bangsa kemudian dikhianati prilaku pemimpin yang tidak mengamalkan nilai-nilai dari sila Pancasila, mereka jauh dari esensi Ketuhanan yang Maha Esa," ujar Ustadz Lukman, Minggu (27/7/2014).

Proses salat Idul Fitri jemaah An-Nadzir ini dikawal anggota Polsek Somba Opu dan menjadi daya tarik tersendiri bagi puluhan fotografer dari komunitas pehobi fotografi di Makassar.

.