Tuesday, March 26, 2013

PDS Itu Partai Ke-19 Kah Kah Kah???

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Y Thohari berharap, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi partai politik terakhir yang lolos sebagai peserta Pemilu 2014. Jangan sampai lolosnya PKPI ini akan seperti kotak pandora yang akan diikuti partai-partai lainnya.
"Saya rasa sudah cukup, kami harap PKPI yang terakhir karena kalau tidak berhenti, munculnya dua peserta pemilu baru bisa menjadi kotak pandora. Akan diikuti partai lain," ujar Hajriyanto di Kompleks Parlemen, Senin (25/3/2013). Ia menilai, jika keputusan meloloskan PBB dan PKPI ini menjadi kotak pandora, maka bisa jadi akan mengganggu proses pencalegan.
"Padahal, kami berharap DPR bisa lebih baik dari sekarang. Awalnya dari penyusunan caleg itu," kata Hajriyanto. Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat ini melihat idealnya peserta Pemilu 2014 ini adalah 12 peserta. Itu pun, menurut dia hanya 7-8 partai politik di antaranya yang diperkirakan bakal memenuhi parliamentary treshold (PT).
Seperti diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan juga Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi partai politik peserta Pemilu 2014. Penetapan PKPI sebagai Peserta Pemilu 2014, tertuang dalam Keputusan KPU No 165/KPTS/KPU/2013. Partai ini menempati nomor urut 15. Sebelumnya, KPU juga menetapkan Partai Bulan Bintang sebagai peserta Pemilu 2014, yang kemudian mendapatkan nomor urut 14.
Berita terkait dapat dibaca dalam topik:Geliat Politik Jelang 2014