Friday, March 29, 2013

Naik Becak Lihat Babi Mencak-Mencak Gara-Gara ANJING PELACAK IP Address

Seharusnya postingan ini bukan disini ya… tetapi karena di kompasiana ini saya hanya masuk di kanal bola, maka saya coba menulis artikel ini disini sebagai sharing info buat rekan2 penggemar kanal bola kompasiana. Dalam tulisan terdahulu ini linknya, saya sedikit membahas mengenai penelusuran account bakriemania, dan ternyata banyak yang merespon mengenai melacak ip seseorang.
Dari beberapa rekan meminta saya mengecek ip addressnya, dan hasil penelusuran saya sudah ada, tapi mohon maaf saya tidak akan mempublishnya… Sebagai bukti bahwa hasil penelusuran saya tepat, silahkan lihat message yang masuk ke inbox saya dari beberapa temen kompasiana :
Disini saya akan jelaskan sedikit bagaimana teknik menelusuri ip address seseorang. Sebenarnya tekniknya sangat mudah tidak perlu keahlian khusus untuk bisa melakukan itu. Yang bisa kita lacak hanya IP Address saja sedangkan lokasi tidak 100% tepat. IP Address bisa dilacak jika ip address tersebut tidak berada dalam sebuah dynamic proxy. Beberapa rekan kompasiana yang saya lacak, ada yang menggunakan proxy dynamic bawaan dari browsernya atau menggunakan semacam tools dan sebagainya untuk menghidden IP kita. Saya melacak ip seseorang hanya menggunakan jebakan batman untuk mengarahkan agar target yang kita tuju kena jebakan saya dan akhirnya saya berhasil mendapatkan ip nya. IP Address ini adalah sebuah alamat host. Host ini bisa komputer kita, laptop, HP atau provider. Jika laptop/komputer kita mengakses internet melalui LAN (Local Area Network), maka IP Address yang kita dapatkan adalah IP Address dari provider bukan IP Address komputer/laptop kita. Begitu juga dengan mengakses internet melalui HP atau Modem, yang kita dapatkan adalah IP Address Provider(ISP).
Dari IP Address tersebut, kita bisa mengetahui lokasi seseorang dan provider yang digunakannya. Untuk mengetahui lokasi seseorang kita bisa menggunakan tools pelacakan lokasi IP. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan IP Tracking, diantaranya adalah IP Address Location.org, myipaddress.com, dan banyak lagi. Apakah lokasi itu bisa tepat 100%??? Tidak, karena posisi yang didapat biasanya posisi/lokasi dari providernya. Jika kita mengakses internet menggunakan layanan fixed line seperti speedy, maka lokasi yang didapat adalah titik terdekat dari IP Address yang dilacaknya, tetapi jika mengakses internet menggunakan layanan wireless access semacam GSM/CDMA, maka lokasi yang kita dapat adalah titik terdekat dari BTS pada saat user tersebut mengakses internet atau titik dimana nomor gsm/cdma tersebut terdaftar.