Wednesday, February 27, 2013

19 Juta Tarif Caleg Partai Demokrat. Mau??

Surabaya - Meski elektabilitas yang dirilis sejumlah lembaga survei turun, namun Partai Demokrat (PD) Surabaya masih percaya diri. Calon legislatif pun dibandrol Rp 19 juta.

Setiap bakal calon legislatif (bacaleg) dibebani biaya Rp 1,5 juta untuk pengambilan formulir sebagai tanda bukti keseriusan. Selanjutnya bila, terjaring maka konsekuensi lainnya adalah diwajibkan menyetor sejumlah uang lagi untuk kepentingan partai.

"Kalau tidak dikenakan biaya akan terjadi seperti partai lain, semuanya bisa mengambil formulir sampai seperti orang antre beras," kata Dadik Risdaryanto sambil menyebut salah satu parpol.

Ketua DPC PD Surabaya ini juga mengungkapkan biaya lain yang nantinya wajib dibayarkan calon legislatif ke partai sebesar Rp 17,5 juta.
Menurut Dadik, uang tersebut wajib dibayar jika lolos verifikasi dan masuk daftar calon tetap, 50 orang plus 10 orang cadangan terpilih.

Ia menjelaskan, uang sebesar Rp 17,5 juta tersebut nantinya akan digunakan oleh partai untuk pembayaran saksi di 6.500 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Surabaya saat coblosan Pemilu Legislatif berlangsung.

"Uang itu merupakan cadangan biaya kampanye. Selain itu yang bayar saksi siapa kalau bukan partai. Uang itu juga untuk pembekalan saksi dan seragam, kalau tidak dibantu mereka. Partai dapat uang darimana?" kata Dadik saat dihubungi detiksurabaya.com, Selasa (26/2/2013).

Namun sampai saat ini, kata Dadik, masih belum ada bacaleg yang mengambil formulir. "Saat ini baru inden via telepon nomor urut dan belum ada yang mengambil formulir," tandasnya.