Tuesday, May 1, 2012

Windows 8 : Layu Sebelum Berkembang



Saat ini kita tahu bahwa Presiden Microsoft untuk Windows, Steven Sinofsky, hari ini mengungkapkan “reimagined” Windows yang menawarkan fitur berbeda dengan aplikasi berbasis antarmuka pengguna yang disebut Metro berbasis Windows Phone yang memiliki fitur layar sentuh cerdas dan berjalan pada prosesor ARM serta chip Intel x86, sistem operasi ini juga akan dapat digunakan dengan keyboard tradisional dan mouse.
Meskipun CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan Windows 8 akan mendukung kedua jenis prosesor yakni ARM dan Intel, eksekutif Microsoft mengambarkan bahwa nantinya sistem operasi Windows 8 dan tablet PC akan menjadi setara, dia mengatakan bahwa Windows 8 akan dapat bekerja pada prosesor berbasis ARM namun sistem tersebut tidak akan bisa menjalankan sistem operasi Windows 7 dan sebelumnya. Dengan demikian, aplikasi berbasis Metro hanya akan menjadi sistem operasi Windows 8.yang memiliki kemampuan untuk berjalan pada berbagai perangkat.
Versi baru dari kode Windows 8 versi pengembang akan tersedia untuk di-download dari http://dev.windows.com, namun hingga saat ini belum ada tanggal rilis yang ditetapkan.
Sinofsky mengatakan Microsoft melakukan desain ulang pada Windows karena “hal-hal yang jauh berbeda sekarang dari tiga tahun yang lalu …. Touch adalah sebuah dimensi baru. Mobilitas adalah sebuah dimensi baru …. Kami ingin Windows untuk menanggapi itu.” Ia juga mengatakan Windows 8 hanya menggunakan 281MB RAM, turun dari 404MB di Windows 7 dan bahwa semua kemampuan baru yang asli ke OS inti tidak berlapis-lapis di atasnya. Microsoft telah mengatakan bahwa Windows 8 tidak akan berjalan pada smartphone.
Seperti Windows 7, Windows 8 dirancang untuk PC layar sentuh di mana pengguna memiliki kemampuan lebih luas dalam mengoperasikan komputer, namun hal ini berbeda dengan strategi Apple untuk membatasi gerakan menyentuh permukaan horisontal seperti touchpad. (Non-touchscreen PC tidak menggunakan perangkat menunjuk tradisional, seperti yang dilakukan oleh aplikasi non-sentuh) Juga berjalan di iPad gaya tablet. Jadi, Windows 8 termasuk API untuk sensor perangkat mobile ‘, seperti accelerometer, NFC dan orientasi perangkat. Ada juga API baru untuk menyederhanakan integrasi Wi-Fi dan jaringan 3G dan pencetakan serta untuk mengintegrasikan penyimpanan, konfigurasi dan akses berbagi melalui layanan cloud Microsoft Windows Live.
Layar Start baru tidak lagi hanya sebuah peluncur ikon, tetapi sekarang adalah serangkaian ubin yang dapat berisi data Live, layar aplikasi, layar komunikasi dan banyak lagi. Ketika diklik atau diaktifkan, Tile tersebut akan membuka konten atau aplikasi di jendela sendiri. Aplikasi dapat berinteraksi melalui pertukaran API umum Sinofsky menyebutnya dengan “aplikasi web” Antarmuka Windows Explorer juga telah memiliki pembaharuan.
Windows 8 mengadopsi beberapa kemampuan yang dirintis oleh Apple di Mac OS X, termasuk layar penuh aplikasi, aplikasi autosave (diperlukan untuk Metro aplikasi), OS-wide dan OS-wide spell checking. Microsoft juga bekerja pada versi HTML5 dari Internet Explorer.
Untuk pengembang, Microsoft telah menggunakan API baru WinRT sehingga para pengembang dapat mengaksesnya dari bahasa pilihan mereka (termasuk C#, XAML dan HTML5), daripada memiliki Visual Studio IDE yang membatasi pilihan bahasa. Sebuah alat UI berdasarkan grid HTML5 standar yang diusulkan membantu pengembang membuat desain visual aplikasi mereka untuk bekerja pada beberapa ukuran layar dan orientasi. Alat lain membantu pengembang aplikasi untuk Win32 dari Windows 7 untuk gaya Metro Windows 8 tersebut. Microsoft juga akan memperkenalkan sebuah aplikasi toko yang mirip dengan Apple Mac App Store, yang juga memungkinkan pelanggan mencoba software sebelum membeli.
Sinofsky menunjukkan bahwa sistem pada Windows update memiliki kemampuan untuk mengembalikan system di mana Anda dapat mengatur ulang Windows untuk konfigurasi aslinya tanpa kehilangan musik, foto, dan video – seperti yang terjadi di versi sebelumnya dari Windows.
Versi ini juga memiliki informasi dari penggunaan sumber daya yang ada termasuk catu daya, ram dan harddisk dengan tampilan sistem yang sangat sederhana namun ditingkatkan dengan adanya table grafis yang lebih hidup. Remoting juga telah disederhanakan. Dan bila menggunakan beberapa monitor, Anda dapat mengatur apa yang tampak pada tampilan masing-masing, mirip dengan fitur Spaces di Mac OS X.
Microsoft juga merevisi spesifikasi hardware PC baru sehingga dapat melakukan booting lebih cepat dan lebih baik karena menggunakan solid-state drive, disk dukungan besar seperti 256TB, mengurangi penggunaan daya melalui real-time manajemen komponen (mirip dengan bagaimana ponsel bekerja) dan dukungan layar sentuh. Spesifikasi Microsoft juga memungkinkan penggunaan otomatis dari prosesor grafis, Apple memperkenalkan sesuatu di Mac OS X Snow Leopard. Spec baru juga membutuhkan perangkat untuk memiliki kamera tertanam untuk videoconference.
Jadi sepertinya Microsoft telah membuat perubahan besar-besaran pada Windows 8 versi baru ini dan kita sudah tidak sabar untuk menanti kehdairannya secara resmi, jadi mari kita tunggu saja.