Tuesday, April 10, 2012

Humor Tak (Harus) Lucu #001



Secara dadakan Panwaslu DKI mengadakan debat terbuka antara kandidat Pilkada DKI 2012. Hanya Foke dan Jokowi sebagai calon Gubernur yang bersedia hadir, kemudian seorang Supir Taksi disertakan agar genap 3 orang peserta debat.
Senin Malam kemarin suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur sungguh nyaman dan meriah. Coba bayangkan. Ribuan penonton dari sekitar kampung Pinang Ranti, Lubang Buaya, Kramat Jati, dan warga sekitar TMII berduyun menikmati tontonan gratis. Penasaran, pengen tau apa yang akan dilakukan oleh kandidat Gubernur.
Yang bikin ramai adalah rombongan supir angkot, supir taksi, supir bajaj, tukang ojek yang semangat bersorak sorai, memberi applause ketika jatuh giliran Supir Taksi angkat bicara. Foke dan Jokowi sempat ciut hati menyaksikan unjuk rasa wong cilik yang disalurkan lewat Supir Taksi.
Singkat cerita mari kita dengar apa yang terjadi pada Debat Terbuka Antara Foke, Jokowi, Supir Taksi di halaman Tamini Square, TMII Jakarta Timur:
*
Moderator : “Bang Foke, apa yang membuat Anda yakin paling layak untuk menjabat Gubernur DKI Jakarta? Bukankah Anda sudah menjabat satu periode dan dinilai kurang sukses. Monggo….”
Foke: “Assalamualaikuuum… Justru ane ingin menjabat satu periode lagi untuk menuntaskan program agar sukses. Kalo cuma 5 tahun belum cukup. Perlu 5 tahun lagi dong, hehehe… Sebagai orang Betawi asli, ane paling tau tetek bengek Jakarta. Coba ente tanya, siape orang Jakarte yang kagak kenal ama ane? Jin ama dedemit aje pasti kenal ama ane, hehehe…
Kagak nyombong neh, semua pejabat tinggi ampe gelandangan ane tau semue di Jakarte. Ane udah puluhan tahun bekerja buat Kota Jakarte, kampung nenek moyang ane. Maaf neh, ane kagak asal bacot. Ane neh orangnye sedikit bicare , banyak bekerje. Tuh liat, kata survei LSI ane dapet suara 49,1% dan insyaallah menang satu putaran saja. Wassalam!
PLOK. PLOK. PLOK… SUIT. SUIT. SUIT… Pendukung Foke bersorak sorai.
*
Moderator: “Mas Jokowi, sampeyan koq yakin mampu menjabat Gubernur DKI Jakarta dengan baik? Sebagai Walikota di kota kecil Solo Jawa Tengah, apakah sampeyan tau betapa beratnya beban politik-ekonomi-sosial ibukota? Apa iya wong Jakarta rela dipimpin oleh seorang Walikota Solo? Monggo…”
Jokowi: “Matur nuwuuun… Saya sudah membuktikan sukses jadi Walikota Solo. Sekarang masih menjabat untuk periode kedua. Soal mengatasi dan memanage Jakarta itu gampang. Yang penting turun ke lapangan, jangan duduk melulu di belakang meja. Misalnya mengatasi banjir, lihat anggaran Pemda. Kalau tidak cukup, panggil investor. Lah, kalau saya menang Pilkada DKI Jakarta 11 Juli nanti, itu alamat atawa wangsit bahwa orang Jakarta rela dipimpin oleh saya.
Sampeyan ini jangan terpengaruh Hasil Survey LSI bahwa saya cuma dapet 14,4% suara sementara. Sing penting maju pantang mundur. “Suwe ora jamu, jamu godhong gedhang. Suwe ora ketemu, ketemu pisan pasti menang”. Matur nuwuuun…”
PLOK. PLOK. PLOK… SUIT. SUIT. SUIT… Pendukung Jokowi bersorak sorai.
*
Moderator: “Saudara Jokerseh, elu cuma supir taksi koq berani beraninya ngajak debat lawan Bang Foke dan Mas Jokowi. Elu ini tau apa tentang Jakarta dan pemerintahan? Lah wong elu cari duit aja megap-megap. Menurut elu, gimana tuh Bang Foke ama Mas Jokowi mampu apa kagak nangani Jakarta? Monggo… Gue minta elu Ojo suwe suwe ngocehnya yah.”
Jokerseh, Supir Taksi: “Ehm. Ehm. Ehm. Jelek jelek gini gue udah puluhan taun nyupir taksi di Jakarta. Dari pelosok ampe gedung gue ngelotok. Dari pejabat, ustad, bencong, ampe WTS, gue pernah anterin, hehehe… Gue yakin persoalan Jakarta hanya dirasakan orang kecil yang 90% jumlahnya. Babeh babeh mah kagak ada yang susah. Kalo susah juga karena kurang proyek atawa kebelet jabatan.
Menurut gue, Bang Foke bisa sukses bisa kagak sukses ngejabat Gubernur Jakarta lagi… Mas Jokowi juga sami mawon. Yang bilang bakalan sukses kan juru kampanye… Program Ngatasi banjir dan macet jalan raya itu mah udah basi. Bosen. Bosen. Bosen… BUKTI SUKSES? Menurut gue: kalo makin sedikit orang susah hidup di Jakarta itulah yang dinamakan sukses dipimpin oleh Gubernur.”
PLOK. PLOK. PLOK… SUIT. SUIT. SUIT… CIHUYY. CIHUUUYYY… MANTAAAP…!!! Semua pengunjung bersorak sorai. Bang Foke dan Mas Jokowi celingak celinguk sebentar, liat suasana, lalu berdiri, ikutan tepuk tangan sambil mengulum senyum.
***