Friday, June 24, 2011

Pasar Ikan Cimanggis Depok

Bagi anda yang tinggal di Cimanggis, Depok dan daerah sekitarnya yang kesulitan untuk mendapatkan ikan dan seafood lainnya yang segar, ada satu tempat penjualan ikan segar yang bisa memenuhi kebutuhan anda. Tempat ini berada di belakang Giant Cimanggis. 

Ada banyak pilihan ikan seperti ikan Bawal, Kakap Merah, Tongkol, Kerapu, dan ikan laut lainnya. Ada juga seafood lainnya seperti Cumi-cumi, Udang, Rajungan, bahkan Udang Tambak dan ikan Gurame pun tersedia. 

Hampir 15 tahun saya tinggal di Cimanggis, dan keberadaan supplier ikan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan protein dan gizi lainnya yang berasal dari ikan dan seafood lainnya. Apalagi akhir-akhir ini banyak tayangan investigasi di media televisi yang mengungkapkan ancaman kesehatan di sekitar kita yang bersumber dari kecurangan para penjual bahan makanan maupun makanan matang. Para penjual curang ini berusaha mendapatkan keuntungan yang besar dengan cara-cara yang bisa mengancam kesehatan para pembelinya, seperti menjual bakso dengan bahan kimia pengawet yang sebenarnya bukan untuk pengawet makanan. 

Yang membuat miris, ikan juga tidak luput dari kecurangan para pedagang nakal ini. Pernah saya membeli ikan di pasar yang keliatannya segar dan mulus, tetapi ketika digoreng, yang keluar bukan aroma wangi ikan goreng, tapi bau-bau aneh yang mengganggu indra penciuman. Tekstur ikannya gempur, tidak seperti tekstur ikan goreng yang segar. Makanya tidak heran, jika di pusat penjualan ikan sekalipun seperti di daerah Muara Karang dan Muara Angke ada ikan Kakap Merah yang merahnya karena pewarna tekstil sebagaimana pernah ditayangkan dalam reportase investigasi di salah satu stasiun televisi swasta. 

Sebelum menemukan tempat penjualan ikan di Cimanggis tersebut, hampir setiap saya pulang kampung selalu saya belanja ikan dan seafood lainnya di kampung saya yang dekat dengan laut (Pantura Tegal). Seafood tersebut kemudian dibekukan dan dibawa ke Jakarta dengan Wadah stereoform, dan lumayan bisa buat lauk selama satu bulan. Tapi sekarang tidak perlu pulang kampung untuk mendapatkan suplai ikan segar.
...