Friday, June 17, 2011

Barista : Siapa jagonya BARISTA dari Indonesia?


Siapa jagonya BARISTA dari Indonesia?

Kalau gw yang disuruh jawab, tentu gw bilang SL-an. Bagaimana tidak? Seni membuat kopi yang begitu unik, eksotik, legit dan bercita rasa sangat mantabs hanya bisa dijumpai di sini. Di tiap-tiap lantai, di tiap-tiap lorong timur atau pun barat, di sudut-sudut depan kamar.

Untuk membuat satu gelas kopi nikmat butuh perjuangan yang sangat melelahkan, bergerilya mencari air panas yang kalo udah malem temperatur airnya udah tinggal 30 derajat C. Untuk urusan kopi bisa geratakan di kamar-kamar dari lantai 1 hingga atas atap, dari kamar 01 hingga kamar 69. Mencari gula cukup gampang, tinggal suruh si semut merayap ke seantero lantai dan kamar-kamar pasti ketemu. Kalo sudah lengkap alat dan bahan tinggal bikin kopinya. Siapa yang membuat atau yang menjadi BARISTA? Kesadaran aja dari para peserta di meja itu. Kalo ngga sadar ya ambil jatah, biasa laaaah. 

Indonesian Barista Competition tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila dalam 4 kejuaraan yang lalu kejuaraan hanya difokuskan kepada para barista yang ada di Jakarta, tahun ini komite memutuskan untuk merangkul para barista yang berada di luar kota Jakarta, untuk dapat turut unjuk kebolehan, dalam bentuk sebuah roadshow.

Dimulai dari Denpasar Bali, Indonesian Barista Competition 2011 akan mengadakan kompetisi-kompetisi regional di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Bali, Surabaya, Jogja, Bandung dan Jakarta. Dari hasil Kompetisi Regional, 6 juara daerah akan dibiayai untuk bertanding di Jakarta pada acara final yang akan diadakan bersamaan dengan pameran F&B terbesar di Indonesia, yaitu ajang Food and Hotel Indonesia 2011.

Tahun ini hadiah yang menanti para juara menjadi jauh menarik, karena selain hadiah uang dan kesempatan bertanding mewakili Indonesia di Asian Barista Championship 2011, pihak sponsor mesin, yaitu Nuova Simonelli yang didistribusikan oleh Anomali Coffee dan PT. Rotaryana, akan memberikan tiket beserta akomodasi kepada sang juara untuk mengunjungi pabrik mereka di Italia.