Thursday, June 2, 2011

Awas Hacker : Periksa G-mail Anda, Jangan-Jangan Palsu!

Ada beberapa perbedaan halaman login antara Google ASLI dan yang PALSU.

Berikut beberapa perbedaan yang bisa anda perhatikan untuk berhati-hati apakah anda masuk ke halaman login gmail yang asli atau palsu. 
  • Perhatikan tulisan Gmail di kiri atas. Halaman Gmail palsu menggunakan warna biru lebih gelap pada huruf G di tulisan Gmail dibanding halaman Gmail asli. 
  • Di area icon & text, pada halaman Gmail palsu terdapat deretan icon Less spam, Mobile access dan Lots of space. Sementara pada halaman Gmail asli urutannya adalah lots of space lebih dahulu, kemudian Less spam dan Mobile access. Icon untuk lots of space di halaman palsu pun berbeda yakni gambar kotak kayu. Sementara di halaman asli bergambar kotak penyimpanan file dari besi berwarna hijau. 
  • Dalam icon dan text mobile accees terdapat link learn more. Di halaman palsu, muncul beberapa linkyang bertuliskan en_KR. Ini merupakan Google dalam Bahasa Inggris untuk Korea. Sementara di halaman asli, semua link adalah untuk Google AS yang bertuliskan utm_source. 
  • Di paling bawah halaman, informasi waktu masih menunjukkan tahun 2010 untuk halaman Gmail palsu. Sementara Gmail asli sudah mencantumkan tahun 2011.  
  • Ketika anda salah memasukkan kata kunci ketika akan login, pada Gmail palsu tidak ada peringatan tulisan merah di bawah kotak kata kunci yang bertuliskan The username or password you entered is incorrect.  
  • Jika sudah begini, mulailah periksa halaman Gmail anda masing-masing. Apakah itu merupakan halamanlogin Gmail asli atau palsu.