Friday, August 15, 2014

CAK IMIN PENGEN NANGKRING DI KURSI KETUA MPR BOLEH NGGA YAAA ?!

Jum'at, 15 Agustus 2014 , 14:10:00 WIB

PKB Incar Posisi Pimpinan MPR

Laporan: Ruslan Tambak 


 3  4 

RMOL. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan penjajakan terhadap fraksi-fraksi lain untuk membuka kemungkinan PKB bisa memimpin lembaga Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Hanif Dhakiri menagatakan, keinginan meraih kepemimpinan di MPR itu adalah bagian penting dari pengawalan politik nasional untuk tetap menjaga tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh karenanya, Fraksi PKB mulai 'memasarkan' sejumlah kadernya kepada fraksi-fraksi lain agar bisa diterima untuk memimpin MPR yang akan datang.

Hanif menjelaskan, PKB banyak ditaburi kader muda yang memiliki komitmen tinggi dan wawasan kebangsaan yang memadai untuk menjaga Indonesia sebagaimana dikehendaki oleh founding fathersbangsa. Di luar itu, kader-kader muda PKB juga memiliki leadership yang kuat serta kebijaksanaan yang mencerminkan ideologi politik PKB yang moderat dan luwes.

"Kami mulai melakukan lobi-lobi dan pendekatan intensif kepada semua pihak. Mudah-mudahan bisa diterima oleh fraksi-fraksi lain dan juga oleh masyarakat Indonesia nantinya," tandas Ketua DPP PKB ini.

Pemilihan pimpinan MPR/DPR secara langsung yang dimandatkan oleh UU No. 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPR (MD3) bakal melahirkan dinamika polik yang menarik di MPR dan DPR. Dinamika itu tak mungkin dihindari karena berdasarkan UU MD3 yang baru itu, semua fraksi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pimpinan.

MPR RI periode 2009-2014 dipimpin oleh Ketua MPR Sidarto Danusubroto (PDIP) dan empat anggota; Melani Leimena Suharli (Demokrat), Hajriyanto Y. Thohari (Golkar), Achmad Dimyati Natakusumah (PPP) dan Ahmad Farhan Hamid (Kelompok DPD). [rus]
.
.