Thursday, April 4, 2013

Wiwin Suwandi dan Julia Perez Mandi di Telaga

MAKASSAR - Nama Wiwin Suwandi tiba-tiba mencuat setelah dipastikan sebagai orang yang membocorkan surat perintah penyidikan (Sprindik) Anas Urbaningrum dalam kasus dugaan korupsi pembangunan sport center Hambalang, oleh Komite Etik KPK, kemarin.

Wiwin merupakan Sekretaris Ketua KPK, Abraham Samad. Bahkan, dalam sidang terungkap bahwa keduanya tinggal di satu rumah. Lalu, siapakah sebanarnya Wiwin itu?

Sebelum hijrah ke Jakarta dan bekerja di lembaga antikorupsi itu setahun lalu, Wiwin dikenal sebagai aktivis di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan.

Wiwin tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Unhas atau adik kelas Abraham Samad. Dia dikenal aktif di Lembaga Penerbitan Mahasiswa Fakultas Hukum (LPMH) sejak 2003. Lalu, pada 2005, dia didaulat menjadi ketua umum lembaga tersebut. Kini, jabatannya sebagai dewan pembina.

Di mata rekan-rekannya di Fakultas Hukum, Wiwin dikenal berkepribadian baik
. Dia juga memiliki integritas tinggi. “Wiwin dikenal sebagai sosok yang berkepribadian baik dan memiliki integritas yang tinggi,” ujar Solihin, rekannya di LPMH Unhas, Kamis (4/4/2013).

Atas perbuatannya membocorkan sprindik, Wiwin terancam dipecat sebagai pegawai KPK

Sementara, Abraham Samad dan Adnan Pandu Praja dinilai tidak terbukti secara langsung membocorkan dokumen sprindik tersebut. Namun, keduanya tetap mendapat sanksi berupa peringatan tertulis untuk Abraham dan peringatan lisan untuk Adnan. (Ahmad Muhyiddin/Sindo TV) (ris)