Sunday, April 22, 2012

Salah Satu Cara Agar Laptop Tak Lemot Lagi



Sejak pertama kali beli hingga kini, laptop saya pakai nonstop. Untuk urusan kerjaan, otak-atik program, coba-coba software versi terbaru dan lain-lain.
Kadang langsung diinstall mana-mana yang disuka. Makanya penuh laptop saya sama program yang terinstall. Ujung-ujungnya laptop menjadi lemot.
Atas saran rekan saya, beberapa program yang jarang dipakai di un-install. Tapi masih lemot. Kalau online bisa sambil masak mie rebus atau bikin kopi.
Rekan saya cek laptop yang saya pakai dan geleng-geleng kepala. “Coba di-Disk Cleanup lalu di-Disk Defragmenter”, katanya.
Saya ikutin sarannya.
Saya klik tombol Start, lalu lalu lihat bagian paling bawah ada All Programs, klik di situ. Pilih paling atas Accessories lalu ke System Tools. Pilih Disk Cleanup, kalau sudah selesai prosesnya lanjutkan Disk Defragmenter.
Dan setelah semua proses selesai, laptop saya re-start. Saat sudah terbuka saya coba buka beberapa program yang cukup berat, misalnya Illustrator CS5 dan Coreldraw X5 ....... dan ...... woilla ....... ngebut lagi.
Screenshot tampilan letak Disk Cleanup seperti gambar di atas.