Thursday, July 14, 2011

CAD 60

Ngantuk Setelah Maksi, Why?


Penyakit orang Indonesia pada umumnya (atau hanya gw sendiri aja kali) adalah ngantuk setelah acara makan siang (maxi). Entah itu makan spagetti, fetuccinni, gado-gado, ketoprak, mie goreng, ikan bakar, tempe orek, apapun makanannya (minumnya air putih), pasti nguap-nguap abis makan. Yang hobi ngerokok, ngilangin ngantuk, ya nyulut rokok, kalo yg ngga suka ngerokok, ya nyulut kebakaran aja, atau cari gara-gara biar ngga ngantuk.

Kenapa sih suka ngantuk abis maxi?

Satu : Sarapan. Kalimat klise ini jangan diremehkan. Sarapan memang penting artinya bagi aktivitas sehari-hari. Pilihan makanan yang salah bisa bikin hari Anda berantakan. Sebuah penelitian juga membuktikan, sarapan yang benar dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda merasa lebih baik dari sisi mental dan fisik.

Rahasianya, kombinasi makanan yang tepat. Nah, yang diperlukan di pagi hari adalah duet karbohidrat untuk energi dan protein untuk daya tahan tubuh. Misalnya, makan roti gandum dengan keju atau selai kacang. Selain itu makan sereal dengan buah atau telur dengan roti gandum juga bisa jadi pilihan. Kalo kalangan bawah kayak gw sih cukup makan nasi ketan dua bulatan plus gorengan.

Jangan makan makanan berat (batu, barbel, beton dll) yang membuat perut bekerja maksimal. Misalnya, sarapan nasi goreng di pagi hari bisa membuat tubuh Anda lelah mengunyah. Energi yang digunakan perut untuk memproses nasi bisa membuat Anda mengantuk. Pilih makanan yang ringan berserat sehingga mudah dikunyah.

Kedua : Kurang Gerak. Jangan duduk-duduk saja di kantor atau kios atau bengkel atau counter atau kubik. Walau pekerjaan banyak, tapi Anda pasti punya waktu untuk bergerak. Dari pada sms-an, BBM-an atau berbicara lewat fasilitas chatting sama temen di seberang meja, lebih baik Anda datangi teman Anda untuk menyegarkan badan yang kaku karena duduk seharian.

Gerakan sedikit apapun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengirim oksigen serta nutrisi penting ke tubuh dan otak. Jadi, selalu sempatkan diri untuk bergerak walau itu hanya sekedar pergi mengambil minum ke dispenser. Atau pura-pura kebelet mau ke belakang, atau lemparkan pinsil Anda agak jauh lalu ambil lagi (kayak si Guk jadinya), tapi yang penting move on maaaan.

Ketiga : Maxi Proporsional. Semua orang pastinya kalo kebanyakan makan akan menimbulkan kantuk. Anggapan itu sama sekali nggak salah. Jangan kalap ketika makan siang, apa aja yang terhidang di meja langsung sikat, apalagi kalo makannya di Warung Padang, semeja isinya cuma makanan, kirain gratis semua. Bagi porsi makan Anda dengan pintar. Makan sedikit di siang hari, kemudian lanjutkan dengan ngemil buah-buah segar atau roti atau siomay atau batagor atau pempek menjelang sore hari.

Keempat : Ngemil Tak Sehat. Makan cokelat memang bisa mendongkrak energi. Tapi sayangnya hanya untuk sementara. Satu jam kemudian Anda sudah loyo lagi. Daripada mengejar kalori dari cokelat, sebaiknya cari kudapan yang juga kaya protein dan karbohidrat. Misalnya biskuit gandum atau kudapan rendah kalori lainnya.

Kelima : Tidur Berkualitas. Beberapa dari Anda mungkin sudah bosan mendengar kalimat tadi. Tapi memang faktanya, tidur cukup dan berkualitas sangat baik untuk kesehatan dan bisa menghindari Anda dari berbagai penyakit. Jika pulang terlambat, jangan kemudian duduk di depan televisi. Sebisa mungkin langsung ganti baju, membersihkan diri, lalu tidur. Minum susu atau air putih hangat sebelum tidur juga dipercaya bisa membuat istirahat Anda lebih nyaman. Usahakan selalu tidur 7-10 jam sehari.

Kalo kelima hal di atas masih membuat anda ngantuk sehabis maxi, maka ikuti tips keenam.

Keenam : Ke Dokter. Jangan ke dokter kandungan, ke dokter anak apalagi ke dokter hewan, ke dokter umum aja dulu, kalo udah diperiksa lalu ada rujukan ke dokter spesialis, ya kudu periksa.

Di tempat saya tiap pagi sering ada pemeriksaan, “Selamat Pagi, Mas, pemeriksaan rutin, perlihatkan KTP, SIM dan STNK, foto Jupe kalo ada. Tapi berhubung Mas jelek, silahkan lanjutkan perjalanan, ini razia orang ganteng ajah”.

Enjoy your lunch.