Wednesday, May 25, 2011

Penyakit Menular dari Yunani

Pasar Ekonomi saat ini dilanda wabah penyakit ketakutan akan krisis utang yang melanda Eropa. Investor cemas krisis ini tak hanya terjadi di Yunani, tapi juga menular hingga Spanyol. Selain itu, lembaga pemeringkat utang sudah menurunkan rating pemerintah Italia dan Belgia.


Dalam pemilihan umum Spanyol pada Ahad lalu, partai sosialis, yang saat ini berkuasa, kalah telak oleh oposisi, yaitu partai konservatif. Hasil akhir menunjukkan partai konservatif meraih hampir 38 persen suara, sementara 28 persen suara diraih oleh partai sosialis. Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero menyalahkan anjloknya perekonomian atas kekalahan partainya.


Beberapa hari terakhir, lembaga pemeringkat Standard & Poor's memangkas peringkat utang Italia dari "stabil" menjadi "negatif". Sedangkan lembaga Fitch Ratings mungkin bakal menurunkan peringkat utang Belgia, yang kini bertengger di posisi AA+. Negeri itu dilanda krisis kepemimpinan sejak pemilihan umum Juni tahun lalu, meski kondisi ekonomi sedang bersinar. Senin lalu, Yunani mulai membahas pemangkasan defisit anggaran. Ini dilakukan untuk meyakinkan negara-negara donor bahwa Yunani dapat mengatasi krisis utang tanpa restrukturisasi.


Perdana Menteri Yunani George Papandreou harus menunjukkan rencana fiskal yang cukup kredibel untuk Uni Eropa dan IMF. Ia juga menyatakan siap mempercepat privatisasi aset negaranya senilai 50 miliar euro sebagai salah satu solusi pengurangan utang.


Pekan lalu, Fitch Ratings memangkas rating utang jangka panjang Yunani sebanyak tiga tingkat dari BB+ menjadi B+, empat tingkat di bawah investment grade.