Thursday, May 26, 2011

Bakso Upil & Bakso Grandong ala kedai bakso ‘TONG SETAN’

Jika anda melintasi jalan Sungai Landak di Cilincing, di antara padatnya lalu lintas bus, kendaraan kecil dan truk, maka anda menemukan sebuah kedai bakso Tong Setan namanya. Pertama kali mampir tentu  kita akan mencari-cari di mana tong setan itu. Apakah ia mirip sirkuit tertutup motor yang dipacu di dalam tong raksasa dan seringkali disebut Tong Setan? Ternyata bakso Tong Setan yang ini juga memiliki gentong besar tempat bakso dan kuah yang digodok dalam air yang terus mendidih.

Hasan, sang pemilik warung bakso sejak beberapa bulan lalu membuka warung bakso ini setelah ia mendapat uang renumerasi dari tempatnya bekerja. Ia sebenarnya masih seorang prajurit TNI aktif di kesatuannya di Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.  Ia berinisiatif dan memberanikan diri untuk mengembangkan jiwa wiraswastanya setelah ia memperoleh uang renumerasi yang belum lama ini dicairkan oleh pemerintah.  Hasan memang sudah lama berencana membuka warung bakso.

Tak tanggung-tangung ia berguru bakso pada seseorang di daerah Sukabumi yang dengan rela mengajarkan membuat menu bakso yang mantap, maknyus dan dengan  penampilan bakso yang sangat menggoda. Maka Hasan pun mulai mencoba membuat bakso dengan ramuannya sendiri.  Ada bakso sebesar bola tenis yang dia namakan bakso grandong. Hiiii, seperti nama setan aja ya. Ibu-ibu dan remaja suka sekali bakso jenis ini karena sekali makan dijamin pasti kenyang.  Sementara anak-anak banyak yang menyukai bakso upil. Itu lho bakso yang ukurannya kecil seperti kelereng. Rasa baksonya sama seperti bakso grandong, hanya saja ukurannya memang jauh lebih mungil.

“Saya mengembangkan bakso tong setan ini selain karena saya hobi memasak juga untuk tambahan pendapatan keluarga,” kata Hasan di sela-sela kesibukannya melayani pembeli setelah ia pulang bertugas.  Setiap hari ia membantu isterinya membuat bakso dan melayani para pembeli. Kini makin banyak orang yang tahu bakso tong setan, sehingga warung bakso ini juga jadi tempat berkumpul ibu-ibu yang arisan. Kalau sudah begini, terpaksa ruang tamu rumahnya pun dikorbankan untuk kenyamanan pembeli.

Dan dalam pekan ini bakso Tong Setan juga hadir di arena bazaar mobil bekas yang diselenggarakan oleh Pos Kota di Lapangan Parkir Timur Senayan. Bakso Tong Setan ditambah minuman dingin atau es campur.. hmm.. maknyuss.