Tuesday, April 9, 2013

Cloud Atlas : Imaji Tak Terbatas

Film berdurasi 172 menit hasil adaptasi novel karya David Mitchell ini cukup menarik karena membutuhkan sedikit tenaga penonton untuk berpikir dan mereka-reka sebenarnya apa yang film ini ingin sampaikan. Telah banyak yang menantikan Cloud Atlas, dikarenakan film ini dilansir pada oktober 2012 di Amerika dan baru tayang pada akhir maret di Indonesia. Para penikmat film mungkin dapat berpuas diri karena Film ini memiliki set tempat yang beragam, soundtrack yang bagus (sekaligus arah tujuan film ini yaitu Cloud Atlas Sextet), dan aktor hollywood professional seperti hanks terlihat menjiwai perannya.
Cerita film ini berisikan tentang beberapa kisah cerita dalam dimensi waktu yang berbeda namun secara tidak langsung kisah dari masa ke masa saling berhubungan dan saling berakibat. Dan kisah cerita tersebut sarat akan pesan moral bahwa kebaikan akan memiliki resiko, namun harus tetap berpegang teguh pada kebenaran tersebut. Dan kemudian pesan lain yaitu tentang kekuatan cinta.
Pesan moral tersirat salah satunya pada tindakan son mii yang merupakan hasil kloning untuk mengambil resiko untuk mengungkap kebenaran meskipun dengan ujung tragis yaitu kematian lelaki yang ia cintai dan kematian dirinya sendiri.
Unsur lain seperti pertarungan, kelicikan dan komedi terlihat dan semakin menyenangkan. Film ini cocok dilihat bagi yang penyuka tantangan dan penikmat film dengan kemampuan analisis dan imajinasi yang baik. Selamat menikmati film.