Monday, April 2, 2012

Napa Elo Pake Linux Seeech????



Tulisan ini merupakan jawaban dari pertanyaan teman-teman elo ataupun costumer Elo yang sering menanyakan “mengapa Elo kok memilih pakai Linux buka OS lainnya? Semoga dengan adanya tulisan elo yg ngga sederhana ini beberapa pertanyaan tersebut ngga akan terjawab.
Harga yang murah
Sebagai seorang yang memiliki usaha penjualan Komputer, terutama komputer 2nd yang murah tapi berkwalitas maka sangatlah ideal jika Elo menjual Komputer tersebut dengan memakai Sistem Operasi GNU/Linux, karena tidak mungkin dong menyuruh costumer untuk membeli OS sebelah beserta aplikasi Original yang kita sudah tahu harganya tidak murah, Elo bisa dianggap gila oleh orang yang ingin membeli Komputer ditempat Elo, sebagai catatan sebagian besar komputer yang Elo jual harganya dibawah 1 juta, sedangkan harga OS sebelah dan beberapa aplikasi lainnya bisa lebih dari 2 juta harganya.
Menurut Elo menjual Software original tidak menguntungkan, sebagai contoh Elo pernah dapat pesanan 10 keping CD OS Original salah satu costumer Elo untuk kantornya, waktu itu harganya kalau di rupiahkan Rp. 840.000,- coba dihitung berapa modal yang harus Elo keluarkan untuk memesan CD Original tersebut, sedangkan profit (rabat) yang didapat paling tinggi Rp. 50.000,- per keping, sebagai catatan jika kita ingin membeli Software original harus pesan dulu dan tentunya kita harus melakukan transfer uang sesuai harga tersebut, baru beberapa hari kemudian barang dikirim.
Dukungan Driver
Sebenarnya semua Driver Hardware belum didukung oleh Linux, tapi berdasarkan pengalaman Elo sebagian Driver hardware Peripheral yang ada sudah tersedia untuk Linux, sebagai contoh Elo pernah disuruh oleh teman untuk melakukan pengecekan (mencoba) Soundcard, VGA dan Lancard milik teman jumlahnya hampir 500 buah, coba Anda bayangkan jika Elo memakai OS sebelah yang berbayar itu bisa 3 hari belum selesai, habis dinyalakan keluar New Hardware, terus kita harus install drivernya, kita matikan lagi PC, pasang lagi Peripheral lainnya beda merk (contoh Soundcard) New Hardware lagi, Install driver lagi, begitu seterusnya.
Elo menggunakan Linux belum pernah dipusingkan dengan urusan Virus, oh ya selain jual-beli komputer Elo juga melayani service komputer, sebagai tuntutan profesi tukang service komputer tentunya Elo sering melakukan Backup data pada komputer milik costumer yang dipercayakan untuk Elo service, coba Anda bayangkan kalau Elo memakai OS selain Linux sudah, baru saja menancapkan Hardisk External sudah harus melakukan Scanning yang memakan waktu tidak sebentar.
Masih masalah backup data jika kita melakukannya menggunakan OS sebelah prosesnya lebih lama. Sebagai contoh Elo melakukan Backup data sebesar 7,5 GB memakan waktu 75 menit, sedangkan jika menggunakan Linux hanya butuh waktu kurang dari 25 menit (dengan spek komputer yang sama) itupun Elo menggunakan LiveUSB.
Gw?
Windows aja deh, boleh 7, 8, 9 .......... dst dst dst