Wednesday, July 16, 2014

JOKOWI SANG MESIAH AL MAHDI

JOKOWI DAN MESSIANIC MOVEMENT

Dalam budaya masyarakat yang ada dimana pun, konsep ini tidak bisa dilepaskan begitu saja.
.
Hal ini bukan berasal dari Agama Kristiani, tetapi bahkan sudah ada sebelum Yesus Kristus ada di dunia ini.
.
Budaya Messianic Movement adalah sebuah gerakan revolusioner di dalam masyarakat bahwa suatu saat ada seseorang yang akan membawa suatu kelompok masyarakat keluar dari perbudakan dan penindasan.
.
Hal ini pertama kali terjadi di dunia pada saat Nabi Musa (dalam Agama Yahudi dan Kristiani) membebaskan umat Israel dari penjajahan atau penindasan bangsa Mesir.
.
Di dalam budaya masyarakat Indonesia ada yang dikenal dengan nama Satria Piningit yang dalam budaya masyarakat Jawa dianggap sebagai superhero yang akan membawa nusantara ke dalam masa kejayaan.
.
Bahkan beberapa waktu yang lalu di salah satu stasiun televisi dalam negeri (red-TVRI), mereka menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta dan Calon Presiden 2014 Bp. Joko Widodo sebagai gerakan messiah karena gaya kepemimpinan yang dilakukan olehnya mirip dengan apa yang pernah dilakukan oleh Yesus Kristus.
.
Yang mana masyarakat Indonesia sudah lelah menghadapi berbagai persoalan bangsa ini dan kemudian muncul satu orang yang dianggap akan membawa mereka kedalam pembebasan persis seperti yang dilakukan Nabi Musa terdahulu.
.
Tidak hanya di dalam negeri dalam konsep yang lebih global, di negara Iran misalnya mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad seperti yang saya ketahui banyak dielu-elukan oleh masyarakat pendukungnya karena keserderhanaannya dan kepemimpinannya yang pro terhadap rakyat kecil persis seperti yang dilakukan oleh Bp. Joko Widodo.
.
Konsep ini juga dianut oleh beberapa Agama seperti Islam yang mendambakan kedatangan Imam Mahdi, Agama Kristiani yang merindukan kedatangan Messias yang kedua kali, dan filsuf Jerman Friedrich Nietzsche yang menciptakan konsep Ubermensch (manusia unggul atau superman).
.
Fenomena budaya seperti ini seringkali terjadi di dalam tatanan masyarakat yang menghadapi banyak masalah sosial.
.
Hal ini tidak bisa dilepaskan dari struktur sosial yang ada di sekelilingnya.
.
Seorang manusia yang muncul sebagai superhero tersebut seringkali datang dari kelompok-kelompok yang tidak terduga.