DEFINISI
Desain grafis dapat didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri (seni komersial).
Aplikasi-aplikasi ini meliputi :
- periklanan dan penjualan produk
- menciptakan identitas visual untuk institusi, produk, perusahaan dan lingkungan grafis
- desain informasi
- secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi
Sarana untuk pesan visual :
- media komunikasi massa
- media cetak
- media film
- media elektronik
Ketika Anda membaca atau melihat sebuah iklan atau logo maka Anda berada pada akhir penerimaan komunikasi melalui desain.
Desain yang efektif :
- dapat mempengaruhi perilaku sasaran
- paketnya menarik
DESKRIPSI
Untuk berkomunikasi, maka Desainer Grafis menggunakan :
- kata (huruf)
- gambar (image/photography)
- elemen-elemen grafis lainnya
Desainer Grafis menjembatani antara klien dengan sebuah pesan yang dikirim ke target sasaran secara visual.
Desainer Grafis mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan:
- menyampaikan sebuah pesan ke audiens
- menciptakan desain yang memaksakan atau menyenangkan, yang akan menyempurnakan pesan yang dibuat
Desainer Grafis bekerja membuat pesan yang jelas dan berkonsentrasi pada estetika.
Tercapainya tujuan ini bergantung pada seberapa baik Desainer Grafis mengerti :
- media desain
- masalah desain yang dibuat
Desain merupakan aturan dari bagian-bagian yang diimplementasikan ke dalam sebuah koherensi yang menyeluruh. Desainer Grafis mengambil bagian kata, gambar dan elemen grafis lain, dan mengaturnya ke dalam komunikasi yang menyatu dalam sebuah format. Desainer Grafis atas nama klien memberikan informasi, membujuk, mengingatkan, atau menjual produk kepada sasaran.
Iklan Informatif
Iklan informatif bertujuan membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan kepada pasar tentang :
- produk baru
- mengusulkan kegunaan baru suatu produk
- perubahan harga
- cara kerja suatu produk
- pelayanan yang tersedia
- mengoreksi kesan yang salah
- mengurangi kecemasan pembeli
- membangun citra perusahaan
Iklan Persuasif
Iklan persuasif bertujuan membentuk permintaan selektif suatu merk, dilakukan pada tahap kompetitif dengan cara :
- membentuk preferensi merk
- mendorong alih merk
- mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk
- membujuk pasar untuk membeli sekarang
- membujuk pembeli menerima kunjungan penjualan
Iklan Pengingat
Iklan pengingat bertujuan mengingatkan konsumen pada produk yang sudah mapan dengan menunjukkan bahwa :
- produk tersebut mungkin akan dibutuhkan kemudian
- di mana produk dapat dibeli
- membuat pembeli tetap ingat produk itu walau sedang tidak musim
- mempertahankan kesadaran puncak
Iklan Penambah Nilai
Tujuannya untuk menambah nilai merk pada persepsi konsumen dengan melakukan:
- inovasi
- perbaikan kualitas
- penguatan persepsi komsumen
Iklan yang efektif :
- dipandang lebih elegan
- lebih bergaya
- lebih prestisius
- super dalam persaingan
Iklan Bantuan Aktifitas Lain
Iklan bantuan aktifitas lain bertujuan membantu memfasilitasi usaha lain perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran, misalnya :
- iklan yang membantu pelepasan promosi penjualan (kupon)
- membantu wiraniaga dalam perkenalan produk
- menyempurnakan hasil komunikasi pemasaran yang lain (konsumen dapat mengidentifikasi paket produk di toko dan mengenal nilai produk lebih mudah setelah melihat iklan)
PROSEDUR
Langkah 1.
Nyatakan kembali masalah dalam kata-kata milik Anda dan coba mengerti tujuan atau masalah desain
Langkah 2.
Lakukan riset terlebih dahulu dengan mengunjungi perpustakaan atau internet dan temukan informasi, foto dan material yang berhubungan dengan topik yang Anda buat. Ide ini hanya sebagai referensi dan inspirasi, bukan sebagai sumber plagiatorisme.
Langkah 3.
Berfikirlah dengan pensil atau mouse ada di tangan Anda. Buatlah sketsa sederhana dalam jumlah yang banyak dan jangan Anda nilai dulu karena dapat memasung daya kreatifitas yang Anda miliki.
Langkah 4.
Pilihlah tiga sketsa yang terbaik dan pindahkan ke gambar proof. Gambar ini memungkinkan Anda mencoba berbagai ide, metode, teknik, peralatan dan warna desain.
Langkah 5.
Pilihlah gambar kasar terbaik dan pindahkan menjadi gambar yang lebih komprehensif yaitu sebuah perwujudan secara rinci dari desain yang Anda buat. Huruf, ilustrasi, foto dan layout dibuat mendekati produk yang nyata sehingga menampilkan impresi yang akurat pada hasil cetakan.