Friday, March 22, 2013

Gagal Pilgub, Oneng Masuk PKS dan Daftar Caleg?

Bandung - Pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki gagal memenangkan Pilgub Jabar. PDIP bahkan menggugat hasil pilgub ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gagal di pilgub, apakah keduanya akan maju pada Pemilu 2014 sebagai caleg DPR RI?

Sekretaris DPD PDIP Jabar Gatot Tjahjono mengaku belum tahu apakah keduanya akan maju sebagai caleg atau tidak. Khusus untuk Rieke, jika maju lagi sebagai caleg, maka itu adalah yang kedua kali. Rieke kini tercatat sebagai anggota komisi IX di DPR RI.

"Untuk Rieke, saya belum bisa komentar karena sekarang proses di MK masih berjalan. Kita fokus ke situ saja dulu," kata Gatot saat dihubungi via ponsel, Jumat (22/3/2013).

Disinggung soal kans Teten Masduki untuk maju di DPR RI, Gatot menyebut terbuka. Tapi itu kembali pada keinginan Teten.

"Sampai sekarang saya belum dengar Kang Teten mau maju di legislatif atau tidak. Tapi kelihatannya beliau kurang berminat," jelasnya.

Saat ini, PDIP sedang dalam proses penjaringan bakal caleg untuk DPRD kabupaten/kota dan DPRD Jabar. Untuk DPRD Jabar ada 200 orang pendaftar yang akan disaring jadi 100 orang. Sedangkan di 26 kabupaten/kota ada sekitar 1.300 orang.

Bakal caleg berasal dari berbagai kalangan, termasuk dari luar PDIP. "Ada beberapa seperti mantan kepala dinas, tokoh masyarakat, tokoh LSM, dan lain-lain," tutur Gatot.