Tuesday, February 26, 2013

Verifikasi Akun Voters Solo

LENSAINDONESIA.COM
.
Pelaksanaan Kongres PSSI 17 Maret 2013 merupakan amanat FIFA. Dalam kongres itu diagendakan penyatuan kedua liga, revisi statuta PSSI, pengembalian empat pejabat Exco yang dipecat dan pelaksanaan kongres berdasarkan daftar peserta Kongres Solo (Juli 2011) sesuai Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani pada 7 Juni 2012.
.
Persoalannya, peserta Kongres 17 Maret 2013, dipastikan akan memunculkan polemik. KPSI menilai voters Solo itu sesuai daftar hadir pada KLB Solo Juli 2011 lalu. Namun, PSSI yang dipimpin Djohar Arifin Husin menilai voters Solo adalah lembaga dan bukan perorangan.
.
Menanggapi hal itu, Djohar Arifin Husin mengatakan, verifikasi para peserta kongres harus dilakukan oleh AFC. Menurutnya, AFC memiliki data voters Solo yang sah.
.
“Kami tentunya sepakat bahwa Kongres PSSI yang akan dilaksanakan 17 Maret merujuk pada voters Solo. Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah voters Solo itu yang mana?” ujar Djohar saat dihubungi, Selasa (20/02/13).
.
Menurutnya, tentu saja yang sah adalah voters Solo yang diwakili lembaga dan bukan perorangan, agar jelas dasar hukumnya. Datanya, kata Djohar, masih tersimpan di kesekjenan PSSI dan di AFC.
.
Namun Djohar sepakat, verifikasi harus dilakukan PSSI dan KPSI. Pihaknya meminta bantuan AFC (Asian Football Confederation) untuk melakukan verifikasi ini.
.
“Saya pikir, hal ini sangat penting karena saat FIFA menggelar rapat Exco Desember lalu di Jepang, AFC sudah mendapat mandat dari FIFA untuk menyelesaikannya,” tandasnya.
.
@anggi
.
.