.
.
.
.
.
.
.
MAU TULISAN
YANG PANJAAAAAAAAAAAAAANG?
NIH GUE KASIH,
MAKAN TUH
AMPE MUNTAH
.
.
.
.
.
.
.
@linuxnewbie:
nah
kalau di threat yang ini, saya mau tanya... buat kalian2 yang sudah mengenal
LINUX, sempat mencicipi, dan bahkan bisa jadi dah lumayan berpengalaman pake
LINUX... akan tetapi..... dalam kesehariannya masih sering dan
cenderung pakai Windows... kalau boleh tahu alasannya apa? kok masih sering pk
Windows bukannya Linux? gitu aja... inget, yang ditanyain cuman Kenapa tetep pakai Windows bukan Linux makasih
atas jawabannya... moga bermanfaat buat kita semua.
.
.
@Bluecat: menurutku,
tergantung pilihan & kebutuhan..
(juga selera), kbetulan aku desktop user, di Linux belum memenuhi semua
kebutuhan. selama ini lebih nyaman pake windows..program2 yang dipake banyak
for windows.. jadi menyangkut ke produktivitas kerja lah.. di linux ga nemu padanannya.. btw banyak juga apps keren, gratis
& open source for Windows..
windows orisinal juga udah umum.. laptop2..
warnet2 pada pake original.. kalo masalah pembajakan, sebaiknya biar ga
terjebak pake program bajakan yg orinya mahal.. mending sebisa mungkin hindari
mempelajari software yang kita tau ga bakal mampu kita beli.. kalo udah
telanjur ya susah.. huehe
.
.
@fzr: soalnya,
aplikasi di Linux masih sedikit. trus masih belum familier ma konfigurasinya.
.
.
@linuxnewbie:
anything
di linux OK. gw baru pake Desktop linux klo ada prog. sekelas MS Office 2007.
si Open Office masih blom handal.
.
.
@Teuber’s05: alasan
kenapa masih banyak yang menggunkan window's daripada linux...
satu. karena
microsoft sendiri merupakan perusahaan yang berbudget besar, jadi untuk melakukan
promosi tak perlu takut kekurangan uang, N lagi si microsoft tuch ngga bisa
dianggap pemula karena dah riset dan bikin windows sejak tahun 80-an (klo ga
salah sich.. ), ga
seperti linux yang baru mulai ngeboom beberapa tahun ini... (terutama Graphical
User Interface-nya, karena linux versi awal hanya command prompt interface)
dua. memang
untuk masalah office windows sudah sangat handal tak terlepas dari pernyataan
nomer satu tadi, sedang untuk open office memang sudah cukup bagus tetapi
mungkin karena banyak yang tak mau belajar lagi yang baru jadi penggunanya
cukup sedikit.. hmmm... padahal gak terlalu sulit GUI nya mirip sama micosoft
office kok.. (maklum orang indo)
tiga. salah
satu alasan utama orang ingin memakai linux adalah banyak software yang bagus
tetapi hanya bisa jalan di linux (terutama untuk software-software jaringan
powerfull tetapi gratis..) (Hmmm... windows is realy suck for networking
software and linux is the best "I RECOMENDED BACKTRACK2 FINAL for it"
jadi kesimpulannya orang memakai linux jika ingin memakai software opensource
tertentu yang cuman jalan di linux saja ( heh...heeeh.. mana aja orang mo buat
software opensource di os yang semuanya dibatesin gimana mo tahu karakter
OSnya... )
empat. jadi
kesimpulannya klo orang cuman buat butuh buat office aja windows sich ok-ok
saja bajakan juga boleh tetapi awas kena razia lhoo... trus klo mo beli yang
Ori tapi harganya berjuta-juta... NO PROBLEM cuman harus punya duit banyak tuh
orang...... trus klo mao make linux harus pikir pikir dulu mau dibuat apa tuh
linux, mao dibuat programming, cuman mo belajar basicnya linux, ato mo dibuat
hacking ato cracking... jadi harus tahu dulu biar belajar lebih enak getoo....
hmmm trus gimana cara tahunya??? heeeeh gitu aja tanya paman GOOGLE dunk ok....
Dari
orang yang memakai Dual BOOT winxp sp2 (bajakan
yoo) and linux backtrack2final (the
best linux for security analisis) Teuber's05.
.
.
@Stix: 1. Game. 2.
Programming (iya, bisa aja develop d Linux utk Windows, tp paling optimal ttp
develop pake tool dari Microsoft klo pengen jalan cepet&manfaatin semua API
Windows. 3. Ego gara2 setelah bertahun2 hafal ama Windows d depan
Linux jadi anak bego masa ganti bootscreen aja bingung). Solusi :
1. Beli Xbox. 2.
Fokus Mono&Java. 3. Bertapa ama pinguin.
.
.
@rainmaker: linux gak
bisa DOTA ???
.
.
@adinugroho: LINUX itu
aplikasi dah lengkap, mau nginstall aplikasi2 WINDOWS ??? pake aja CrossOver
(dah bisa MS Office 2007), mau nginstall game berat2 (Need For Speed Carbon,
Prince of Persia, ato game Online) pake aja CEDEGA. Buktinya dah ada (tapi
untuk Office, aku cuma sempat coba yang 2003, yang 2007 belum, untuk game cuma
WarCraftIII), untuk aplikasi lain belum coba alasan te2p pake Windows : 1.
Banyak tugas yang mengharuskan pemrogramannya di Windows. 2. Visual Studio 2005 cuma bisa jalan di Windows.
3. Adobe Flash, Illustrator n Photoshop CS3 hanya
bisa jalan di Windows tapi untuk OFFICE,
sama multimedia, sepertinya itu bukan alasan buat pake windows deh.
.
.
@linuxer: Setuju
ama adi nugroho (lagi). Untuk
pengguna awam, rasanya udah gak ada alasan untuk gak pindah ke Linux. Kalangan
gamer dan developer pun, rasanya udah mulai dimanjakan, walaupun masih butuh
usaha ekstra. Tapi
beberapa tahun lagi, saya yakin gamer dan developer pun juga gak akan punya
alasan "kuat" lagi untuk bertahan di Windows. Tool2 development
seperti KDevelop, Glade, Lazarus, RealBasic, NetBeans, Eclipse, udah nyaris
sama canggih dgn tool2 "saingannya" di Windows seperti Visual Studio,
Delphi, JBuilder, dlsb. So, it's simply a matter of time before Linux can be as
easy as Windows, for common computing tasks. Nantinya,
mungkin hanya tinggal pengguna2 aplikasi spesial saja yg akan bertahan di
Windows. Saat ini, mungkin para pekerja
advertising dan graphics design yg kesusahan untuk pindah ke Linux. Mengingat
belom ada aplikasi di Linux yg bisa secanggih Adobe Photoshop, Corel Draw, dlsb.
And, Linux printing is still sucks!
.
.
@merdeka_IT: nggak
nemu yang sebagus dan semudah Corel Draw di Linux.... Open
Office.Draw masih kurang bagus....
but dah lumayan juga sih....
.
.
@ob: Nimbrung
donk..... -> soalnya, aplikasi di Linux masih sedikit. Udah lama di linux mas, apa cuma katanya doang? Coba
dulu baru beli! Btw, sekarang ngenet pake
apaan? ie, firefox, opera, atau safari? Tiap ngenet ganti2 browser mas? Buat
apa aplikasi banyak2, yang dipake cuma yg itu2 aja kan? -> Ego gara2 setelah bertahun2 hafal ama Windows d
depan Linux jadi anak bego. Ikut ngerasain
jaman ws ama dos g mas? Waktu itu, orang yg biasa pake ws pake word 97 juga
binun mas, itu mah cuma masalah kebiasaan! Dulu gwa pernah coba pake mac os,
binun jg, padahal blink-blink gitu, lagi2 masalah kebiasaan. Mendingan binun
belajar suse -> Banyak tugas yang mengharuskan pemrogramannya di Windows.
Tantangin dosen-nya, ajak diskusi, bukain
site/ebook tentang kurikulum it di luar, kalo dia bener2 dosen, malu lah
ngajarin pake m$ (di net banyak kok) ->
Visual Studio 2005 cuma bisa jalan di Windows. Iki kewan opo, kekekkeke. Baca dong mas ebook tentang
licik n kejamnya closed source. Intinya pake open source bukan masalah bayar or
ga bayar mas, tapi tertutupnya sumber ilmu yang harus di buka. Open source di
jual, oke aja kok. -> Adobe Flash,
Illustrator n Photoshop CS3 hanya bisa jalan di Windows. Hiks, alasan mulu, kapan mau berubah?! -> nggak nemu yang sebagus dan semudah Corel Draw di
Linux.... ente orang grafis ya mas?
sekalian mac os lha, jangan setengah-setengah. Kalo cuma buat bikin desain
pamflet n situs, linux juga bisa bro! ->
Linux printing is still sucks
Baca kaya gini cuma bisa mbatin hobi bener maki2! Kalo boleh bawa2 agama, di agama gwa [Islam], ga ada istilah lisensi n closed source bro!! Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet, jadi bukan pake linux karena murah, jadi kesannya maenan linux g bisa kaya. Kita g suka m$, karena closed source, bukan karena harus bayar! Kalo ntar m$ beneran opensource [g boongan kaya sekarang, udah tau kan beritanya], boleh deh pake. May the source be with you. CMIIW.
Baca kaya gini cuma bisa mbatin hobi bener maki2! Kalo boleh bawa2 agama, di agama gwa [Islam], ga ada istilah lisensi n closed source bro!! Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet, jadi bukan pake linux karena murah, jadi kesannya maenan linux g bisa kaya. Kita g suka m$, karena closed source, bukan karena harus bayar! Kalo ntar m$ beneran opensource [g boongan kaya sekarang, udah tau kan beritanya], boleh deh pake. May the source be with you. CMIIW.
.
.
@linuxer: Santai
aja bro. Nothing is perfect. Gw juga pengguna linux, udah ampir 3 taon ini gak
login ke windows. Tapi gak perlu membabi buta membela linux, keep objective aja
lah. > soalnya, aplikasi di Linux masih sedikit. Untuk aplikasi umum, setuju kalo di linux juga udah
lengkap. Tapi untuk aplikasi2 tertentu yg spesifik, memang kadang hanya ada
windows. Tapi beberapa aplikasi tertentu, kadang adanya hanya di linux. Sama
aja. > Ego gara2 setelah bertahun2 hafal
ama Windows d depan Linux jadi anak bego Setuju,
ini hanya masalah kebiasaan. Kebiasaan malas belajar. > Banyak tugas yang
mengharuskan pemrogramannya di Windows. Setuju
ama loe, bro. Dosen2 kita juga kadang malu2-in. Bukannya mendukung legalisasi
software, malah ikutan nyuruh mhs pake bajakan juga. Apa sih yg kurang di open
source untuk pemrograman? Delphi, ada Lazarus. Basic, ada Gambas. C, ada gcc.
Dlsb, dst. Kalo gak mau pake, itu mah cari2 alasan, dan males! > Visual
Studio 2005 cuma bisa jalan di Windows Ya
jelas aja lah. Wong produk mikocok, ya jelas aja jalannya di Windows. Plis deh!
Alesan ini mah. > Linux printing is still sucks.
Ya, gw yg bilang ini. Memang linux printing makin bagus, tapi dalam beberapa hal, Windows gw akui masih lebih bagus. Terutama high definition printing. Believe me, gw udah nyoba dan bandingin kok. Tapi, gw berharap linux akan semakin bagus jadi gw gak perlu ke windows lagi kalo mau ngeprint yg bagus2. > Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet. Kadang di mata pengguna, gak peduli mau open apa close. Buat user, yg penting kebutuhannya terpenuhi dgn harga semurah mungkin (kalo perlu gratis), titik. Mau open apa close, sebenarnya buat user umum gak penting, toh mereka gak bakalan ikut compile tuh program. Meskipun gratis kalo gak bisa menuhin kebutuhan mereka, gak bakal mereka pake juga lah.
Ya, gw yg bilang ini. Memang linux printing makin bagus, tapi dalam beberapa hal, Windows gw akui masih lebih bagus. Terutama high definition printing. Believe me, gw udah nyoba dan bandingin kok. Tapi, gw berharap linux akan semakin bagus jadi gw gak perlu ke windows lagi kalo mau ngeprint yg bagus2. > Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet. Kadang di mata pengguna, gak peduli mau open apa close. Buat user, yg penting kebutuhannya terpenuhi dgn harga semurah mungkin (kalo perlu gratis), titik. Mau open apa close, sebenarnya buat user umum gak penting, toh mereka gak bakalan ikut compile tuh program. Meskipun gratis kalo gak bisa menuhin kebutuhan mereka, gak bakal mereka pake juga lah.
.
.
@merdeka_IT: > Banyak tugas yang mengharuskan
pemrogramannya di Windows
Setuju ama loe, bro. Dosen2 kita juga kadang malu2-in. Bukannya mendukung legalisasi software, malah ikutan nyuruh mhs pake bajakan juga. Apa sih yg kurang di open source untuk pemrograman? Delphi, ada Lazarus. Basic, ada Gambas. C, ada gcc. Dlsb, dst. Kalo gak mau pake, itu mah cari2 alasan, dan dosennya pakai barang bajakan ngajarin mahasiswa pakai software bajakan dan bikin tugas dikumpulin dalam format yang bajakan juga (repot nih) alias... yah... masih produk oriented... nggak peduli tu bajakan or nggak...
pakai bajakan, n ngajakin mahasiswanya terpaku pada barang bajakan terus...
susah deh. Kalo boleh bawa2 agama, di agama gwa [Islam], ga ada istilah lisensi n closed source bro!! yang ini ane setuju dakwah itu open source...!!! dari dulu mpe sekarang, yang namanya ngutip Al Quran ma hadits nggak ada yang narikin royalti kan? justru malah suruh nyebarin > Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet. Kadang di mata pengguna, gak peduli mau open apa close. Buat user, yg penting kebutuhannya terpenuhi dgn harga semurah mungkin (kalo perlu gratis), titik. Mau open apa close, sebenarnya buat user umum gak penting, toh mereka gak bakalan ikut compile tuh program. Meskipun gratis kalo gak bisa menuhin kebutuhan mereka, gak bakal mereka pake juga lah. yup... setuju
aku aja terinspirasi pakai Open Source ya gara2nya mbaca tulisannya pak Richard Stallman tu. tentang sejarah FOSS, GNU Project, dan seterusnya... wuih baca tuh artikelnya rasa2nya bikin mendidih pengen nge-hajar microsoft... tapi sekali lagi.. yah agak2 sabar dikit lah.. butuh proses penyadaran masyarakat kita yang mang sukanya serba instan... Salam Merdeka!!!
Setuju ama loe, bro. Dosen2 kita juga kadang malu2-in. Bukannya mendukung legalisasi software, malah ikutan nyuruh mhs pake bajakan juga. Apa sih yg kurang di open source untuk pemrograman? Delphi, ada Lazarus. Basic, ada Gambas. C, ada gcc. Dlsb, dst. Kalo gak mau pake, itu mah cari2 alasan, dan dosennya pakai barang bajakan ngajarin mahasiswa pakai software bajakan dan bikin tugas dikumpulin dalam format yang bajakan juga (repot nih) alias... yah... masih produk oriented... nggak peduli tu bajakan or nggak...
pakai bajakan, n ngajakin mahasiswanya terpaku pada barang bajakan terus...
susah deh. Kalo boleh bawa2 agama, di agama gwa [Islam], ga ada istilah lisensi n closed source bro!! yang ini ane setuju dakwah itu open source...!!! dari dulu mpe sekarang, yang namanya ngutip Al Quran ma hadits nggak ada yang narikin royalti kan? justru malah suruh nyebarin > Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet. Kadang di mata pengguna, gak peduli mau open apa close. Buat user, yg penting kebutuhannya terpenuhi dgn harga semurah mungkin (kalo perlu gratis), titik. Mau open apa close, sebenarnya buat user umum gak penting, toh mereka gak bakalan ikut compile tuh program. Meskipun gratis kalo gak bisa menuhin kebutuhan mereka, gak bakal mereka pake juga lah. yup... setuju
aku aja terinspirasi pakai Open Source ya gara2nya mbaca tulisannya pak Richard Stallman tu. tentang sejarah FOSS, GNU Project, dan seterusnya... wuih baca tuh artikelnya rasa2nya bikin mendidih pengen nge-hajar microsoft... tapi sekali lagi.. yah agak2 sabar dikit lah.. butuh proses penyadaran masyarakat kita yang mang sukanya serba instan... Salam Merdeka!!!
.
.
@adinugroho: > Banyak tugas yang mengharuskan
pemrogramannya di Windows.
Maaf, ini saya yang pertama kalo mengajukan, kalo
pemrograman desktop biasa, insya Allah mulai sekarang saya usahakan di Linux
juga....cuma maksud saya pemrograman windows disini adalah : -Game programming pake XNA Framework (framework untuk
XBOX360 & PC) -Design Pattern (Rational
Suite & Enterprise Architect cuma bisa jalan di windows, belum pernah coba
kalo pake Umbrello) -Pattern Recognition
(pake MATLAB) -Web Programming (pake ASP
2.0/JSP/Ruby on Rails -- (dua terakhir bisa jalan lewat linux), di kampusQ gak
boleh pake PHP soalnya gak Object Oriented (fake OO), n dah banyak source di
internet, takutnya tuh anak njiplak) >
Btw, buat semua coba baca2 masalah closed source di internet. kalo ini aku gak setuju banget, harusnya kalo dah masuk
level internet yang dah diakses banyak orang, gak perlu ada closed2an segala,
harusnya open semua......
.
.
@ob: TIA
deh.... Hehhe, panas karena bnyak yg beralesan pke m$, btw gwa
komenin dikit yah ->
Kadang di mata pengguna, gak peduli mau open apa close. Buat user, yg penting
kebutuhannya terpenuhi dgn harga semurah mungkin (kalo perlu gratis), titik.
Mau open apa close, sebenarnya buat user umum gak penting, toh mereka gak
bakalan ikut compile tuh program. Meskipun gratis kalo gak bisa menuhin
kebutuhan mereka, gak bakal mereka pake juga lah. Yang penting mah windows. Kalo udah denger di linux ....
kabuuur... ->
-Game programming pake XNA Framework
(framework untuk XBOX360 & PC) -Design Pattern (Rational Suite & Enterprise
Architect cuma bisa jalan di windows, belum pernah coba kalo pake Umbrello)
Waks, yg dipelajarin keren amir bahasanya, ampus
bon ....... btw, kalo ngapain ngembangi
konsol om gate yah? kalo matlab ada pengantinya di linux, gwa pernah baca di
infolinux. ->
-Web Programming (pake ASP
2.0/JSP/Ruby on Rails -- (dua terakhir bisa jalan lewat linux), di kampusQ gak
boleh pake PHP soalnya gak Object Oriented (fake OO), n dah banyak source di
internet, takutnya tuh anak njiplak) Keren juga kampusnya, kita samperin yuk. Btw, bilang
dunk ma dosen-nya, jgn pake java .net vb php asp delphi etc, semua di net
banyak source nya, gimana kalo suruh bikin bahasa ndiri, pasti g ada contekannya.
Dosen yg cerdas dengan alasan yg supeer cerdas. Fake OO, bukanya delphi yg fake
OO, boleh tau sumbernya, jangan2 itu tesis si dosen cerdas tadi, ampun sobb....
kalo ini aku gak setuju banget, harusnya kalo dah
masuk level internet yang dah diakses banyak orang, gak perlu ada closed2an
segala, harusnya open semua...... kok
g setuju, salah tulis ? Gwa sendiri sih
juga begitu gape pake linux, mau man g lengkap, mau install pake rpm, kena
dependensi, dependesi udah ada harus nginstal satu2, pake yum kaga' konek net.
bikin repo lokalan kadang males. Lebih gampangan OpenBSD sob, udah ah malah
ngelantur
.
.
.
.
@ob: Sory
salah tulis ... Gwa
sendiri sih juga ngga begitu
gape pake linux....
.
.
.
.
@linuxer: > PHP
soalnya gak Object Oriented (fake OO) Ini gw sepakat. PHP,
walaupun mendukung OO, tapi kriteria OO belum semua terpenuhi oleh PHP. Tapi
mungkin di versi PHP selanjutnya ini akan trus diperbaiki sehingga PHP bisa
full OO, atau setidaknya hybrid. > Fake
OO, bukanya delphi yg fake OO, boleh tau sumbernya. Wah, aku protes nih. Sbg programmer Delphi (object
pascal), gw gak sepakat kalo Delphi (object pascal) dibilang fake OO. Ada
sumbernya (url)? Kalo dibilang hybrid (menggabungkan procedural dan OO) dalam
satu bhs, gw masih sepakat. C++ juga termasuk bahasa pemrograman hybrid.
Java dan C# (official language for .Net) memang
full OO. Everything is object. Tapi ini mempunyai kekurangan juga. So, nothing
is perfect. So, bedakan (full) OO, hybrid, fake OO, dan procedural.
.
.
.
.
@rama: > PHP soalnya gak Object Oriented
(fake OO). Ini gw sepakat. PHP, walaupun
mendukung OO, tapi kriteria OO belum semua terpenuhi oleh PHP. Tapi mungkin di
versi PHP selanjutnya ini akan trus diperbaiki sehingga PHP bisa full OO, atau
setidaknya hybrid. >
Fake OO, bukanya delphi yg fake OO, boleh tau sumbernya. Wah, aku protes nih. Sbg programmer
Delphi (object pascal), gw gak sepakat kalo Delphi (object pascal) dibilang
fake OO. Ada sumbernya (url)? Kalo dibilang hybrid (menggabungkan procedural
dan OO) dalam satu bhs, gw masih sepakat. C++ juga termasuk bahasa pemrograman
hybrid. Java dan
C# (official language for .Net) memang full OO. Everything is object. Tapi ini
mempunyai kekurangan juga. So, nothing is perfect. So, bedakan (full) OO, hybrid, fake
OO, dan procedural. wah seru
nih kayaknya...sayang baru baca sekarang.... mau sedikit kasih pendapat aja.... menurut
saya, tidak ada yang namanya full OO, hybrid OO atau fake OO (saya justru ingin
tahu atas dasar apa suatu OOP diconcept dikatakan full OO, fake OO atau
hybrid). karena OOP itu hanya
"konsep"....Masalah penggunaan OO sendiri, itu bergantung kepada
pemahaman programmer dalam mengimplementasikan konsep OOP. Saya tidak mengatakan OOP di PHP adalah 'fake OO',
menurut saya memang OOP menggunakan PHP berbeda dengan bahasa pemrograman yang
lain (mengingat variabel di php bisa menampung segala macam tipe data tanpa
perlu deklarasi tipe data....). Kalau boleh
tau, apa kekurangan Java dan C#.NET ? Saya sih masih belum menemukan kekurangan
pada kedua bahasa tersebut....kecuali pada masing2 IDE nya. Mengenai Windows dan Linux, menurut saya itu bergantung
pada selera dan kebutuhan.... Windows bayar
tp lebih efisien dalam penggunaan (dan develop) Linux free (bbrp) tp butuh effort lebih dalam
penggunaannya.... Utk desktop, saya masih
memilih windows (kecuali Vista)
Utk server, saya masih memilih Unix.
.
.
Utk server, saya masih memilih Unix.
.
.
@PBINQ: kekurangan
fatal Linux 1. jika mau nambah program susah banget . tidak ada
installer/setup seperti windows , jadi harus manual chmod,bikin folder baru,
dll (paling parah dari Linux)( dan sampai sekarang gak ada perbaikan, masi di
bikin susah) 2. tidak ada device manager semudah windows (susah untuk
install dan uninstall driver2 ) 3. file
explorer rumit, tidak semudah windows (contolah windows) 4. seharusnya user tidak perlu tahu semacem root segala
( user itu ya hanya user ) ini membuat Linux jadi sulit, kelihatan susah.
itu yang pertama2 harus diperbaiki Linux
.
.
.
.
@linuxer: @pbinq: Mbok
nyoba dulu sebelum ngomong. Semua yg sampeyan bilang "fatal" itu udah
diperbaiki sejak jaman Ubuntu 6. Udah beberapa tahun yg lalu tuh! Komentarnya
basbang nih! @rama: > karena OOP itu
hanya "konsep". Betul, OOP itu
konsep. Tapi, sebagaimana konsep2 yg lain, pasti ada kriteria2 dasar yg harus
dipenuhi agar bisa dikatakan sesuatu menerapkan konsep tertentu. Kalo gak ada
kriteria, gmn kita menilai penerapan dari sebuah konsep? Krn itu berkembanglah
istilah2 seperti fake OO, hybrid OO, dan full OO. > saya justru ingin tahu atas dasar apa suatu OOP
diconcept dikatakan full OO, fake OO atau hybrid Kriteria konsep OOP terdari dari: 1. Class 2. Object
3. Method 4.
message passing 5. Inheritance 6. Encapsulation 7. Abstraction
8. polymorphism
Penjelasan detilnya silakan cari di internet atau buku2 OOP. Dari situ kan jelas... bhs yg dikatakan full OO (atau pure OO) adalah yg memenuhi seluruh kriteria OOP tanpa kompromi. Di antara beberapa bhs yg full OO atau hybrid OO, bisa jadi penerapannya berbeda, tapi kriteria2 di atas tetap terpenuhi. Single inheritance dan multi inheritance adalah contoh perbedaan penerapan konsep, tapi keduanya tetap memenuhi kriteria dasar inheritance. Hybrid OO adalah bhs yg menerapkan seluruh kriteria OOP tapi juga masih memungkinkan untuk membuat program tanpa OOP di bhs tsb. Pascal dan C++ misalnya. Kita bisa bikin program yg sepenuhnya menerapkan OO, tapi kita juga bisa bikin program yg sama sekali gak pake OO, bahkan kita boleh mencampur paradigma OOP dgn non-OOP dalam satu program yg sama. Fake OO adalah bhs yg "ngakunya" menerapkan OO tapi beberapa kriteria dasar dari konsep OO tidak terpenuhi. Di JavaScript misalnya, konsep encapsulation gak terpenuhi krn semua elemen class bersifat public. Memang dgn trik tertentu kita bisa membuat elemen class seolah-olah private, tapi itu lebih sbg language hack daripada language feature. > Kalau boleh tau, apa kekurangan Java dan C#.NET ? Saya sih masih belum menemukan kekurangan pada kedua bahasa tersebut....kecuali pada masing2 IDE nya. Ok. Kita fokus pada bhs aja ya, jgn melebar ke IDE dan platform, ntar malah kemana-mana. Segala sesuatu, apapun itu, pasti punya kelebihan dan kekurangan. Kalo kita gak bisa menemukan kekurangannya, ada 2 kemungkinan: sesuatu itu sebenarnya gak ada (hanya berupa konsep yg idealis), atau kita terbutakan krn suatu hal (fanatisme?). Mencari kekurangan Java dan C# gak perlu repot2. Udah banyak kok yg mbahas itu di internet. Google is your friend. > Mengenai Windows dan Linux, menurut saya itu bergantung pada selera dan kebutuhan. Sepakat! > Windows bayar tp lebih efisien dalam penggunaan (dan develop). Linux free (bbrp) tp butuh effort lebih dalam penggunaannya. Nah, ini yg gak sepakat. Saya dulu biasa programming di Windows. Tapi kemudian migrasi sepenuhnya ke Linux (Ubuntu). Dan ternyata, development di Linux sama aja kayak development di Windows. Maksudnya, ya sama mudahnya, sekaligus juga sama sulitnya. Ini menurut saya hanya masalah "kebiasaan" aja. Krn terbiasa dgn cara2 tertentu di Windows, maka kita otomatis akan menggunakan cara2 tsb di Linux, tapi kita lupa bahwa Linux bukan Windows dan Windows juga bukan Linux. Setelah beberapa tahun menggunakan Linux, waktu saya nyoba Windows lagi, malah merasa kesulitan. Ya krn itu tadi, dalam beberapa tahun terakhir, saya terbiasa dgn cara2 di Linux dan melupakan cara2 di Windows. Jadi, sulit dan efisien itu sangat relatif, tergantung kebiasaan (dan pembiasaan).
.
.
Penjelasan detilnya silakan cari di internet atau buku2 OOP. Dari situ kan jelas... bhs yg dikatakan full OO (atau pure OO) adalah yg memenuhi seluruh kriteria OOP tanpa kompromi. Di antara beberapa bhs yg full OO atau hybrid OO, bisa jadi penerapannya berbeda, tapi kriteria2 di atas tetap terpenuhi. Single inheritance dan multi inheritance adalah contoh perbedaan penerapan konsep, tapi keduanya tetap memenuhi kriteria dasar inheritance. Hybrid OO adalah bhs yg menerapkan seluruh kriteria OOP tapi juga masih memungkinkan untuk membuat program tanpa OOP di bhs tsb. Pascal dan C++ misalnya. Kita bisa bikin program yg sepenuhnya menerapkan OO, tapi kita juga bisa bikin program yg sama sekali gak pake OO, bahkan kita boleh mencampur paradigma OOP dgn non-OOP dalam satu program yg sama. Fake OO adalah bhs yg "ngakunya" menerapkan OO tapi beberapa kriteria dasar dari konsep OO tidak terpenuhi. Di JavaScript misalnya, konsep encapsulation gak terpenuhi krn semua elemen class bersifat public. Memang dgn trik tertentu kita bisa membuat elemen class seolah-olah private, tapi itu lebih sbg language hack daripada language feature. > Kalau boleh tau, apa kekurangan Java dan C#.NET ? Saya sih masih belum menemukan kekurangan pada kedua bahasa tersebut....kecuali pada masing2 IDE nya. Ok. Kita fokus pada bhs aja ya, jgn melebar ke IDE dan platform, ntar malah kemana-mana. Segala sesuatu, apapun itu, pasti punya kelebihan dan kekurangan. Kalo kita gak bisa menemukan kekurangannya, ada 2 kemungkinan: sesuatu itu sebenarnya gak ada (hanya berupa konsep yg idealis), atau kita terbutakan krn suatu hal (fanatisme?). Mencari kekurangan Java dan C# gak perlu repot2. Udah banyak kok yg mbahas itu di internet. Google is your friend. > Mengenai Windows dan Linux, menurut saya itu bergantung pada selera dan kebutuhan. Sepakat! > Windows bayar tp lebih efisien dalam penggunaan (dan develop). Linux free (bbrp) tp butuh effort lebih dalam penggunaannya. Nah, ini yg gak sepakat. Saya dulu biasa programming di Windows. Tapi kemudian migrasi sepenuhnya ke Linux (Ubuntu). Dan ternyata, development di Linux sama aja kayak development di Windows. Maksudnya, ya sama mudahnya, sekaligus juga sama sulitnya. Ini menurut saya hanya masalah "kebiasaan" aja. Krn terbiasa dgn cara2 tertentu di Windows, maka kita otomatis akan menggunakan cara2 tsb di Linux, tapi kita lupa bahwa Linux bukan Windows dan Windows juga bukan Linux. Setelah beberapa tahun menggunakan Linux, waktu saya nyoba Windows lagi, malah merasa kesulitan. Ya krn itu tadi, dalam beberapa tahun terakhir, saya terbiasa dgn cara2 di Linux dan melupakan cara2 di Windows. Jadi, sulit dan efisien itu sangat relatif, tergantung kebiasaan (dan pembiasaan).
.
.
@rama: Dari situ kan jelas... bhs yg
dikatakan full OO (atau pure OO) adalah yg memenuhi seluruh kriteria OOP tanpa
kompromi. Di antara beberapa bhs yg full OO atau hybrid OO, bisa jadi
penerapannya berbeda, tapi kriteria2 di atas tetap terpenuhi. Single
inheritance dan multi inheritance adalah contoh perbedaan penerapan konsep,
tapi keduanya tetap memenuhi kriteria dasar inheritance. Hybrid
OO adalah bhs yg menerapkan seluruh kriteria OOP tapi juga masih memungkinkan
untuk membuat program tanpa OOP di bhs tsb. Pascal dan C++ misalnya. Kita bisa
bikin program yg sepenuhnya menerapkan OO, tapi kita juga bisa bikin program yg
sama sekali gak pake OO, bahkan kita boleh mencampur paradigma OOP dgn non-OOP
dalam satu program yg sama. Fake
OO adalah bhs yg "ngakunya" menerapkan OO tapi beberapa kriteria
dasar dari konsep OO tidak terpenuhi. Di JavaScript misalnya, konsep
encapsulation gak terpenuhi krn semua elemen class bersifat public. Memang dgn
trik tertentu kita bisa membuat elemen class seolah-olah private, tapi itu
lebih sbg language hack daripada language feature. Thanks
atas penjelasannya... Saya baru tau penggolongan tsb...karena saya belum pernah
melihat programmer yang menggunakan hybrid OO....umumnya selalu pilih 100% OOP
atau 100% non OOP.
utk Javascript sih, kalau saya pribadi justru
tidak pernah menganggap itu sebagai programming language *tdk perlu
dibahas...ini pandangan pribadi saya saja > Windows bayar tp lebih efisien dalam penggunaan (dan
develop) Linux
free (bbrp) tp butuh effort lebih dalam penggunaannya. Nah, ini yg gak sepakat. Saya dulu
biasa programming di Windows. Tapi kemudian migrasi sepenuhnya ke Linux
(Ubuntu). Dan ternyata, development di Linux sama aja kayak development di
Windows. Maksudnya, ya sama mudahnya, sekaligus juga sama sulitnya. Ini menurut
saya hanya masalah "kebiasaan" aja. Krn terbiasa dgn cara2 tertentu
di Windows, maka kita otomatis akan menggunakan cara2 tsb di Linux, tapi kita
lupa bahwa Linux bukan Windows dan Windows juga bukan Linux. haha
maaf...saya tarik ucapan saya... karena saya bbrp waktu yang lalu develop
menggunakan C#.NET (baru sekarang pindah ke java struts) jadi saya terpaku pada
IDE Visual Studio (linux kan tidak ada VS) *tidak perlu dibahas IDEnya...
ya sayangnya tidak semua bahasa pemrograman
support di linux....
.net misalnya...meski ada mono (ya sayangnya mono belum support semua fitur yang ada di .net nya windows) itu yang membuat saya sampai sekarang belum mau beralih ke linux selain masalah instalasi driver vga utk ati. sekalian saya mau tanya aja, bagaimana cara install driver vga utk ati radeon (saya pakai x1600). saya sudah install sesuai user guide di official website nya ati dan bbrp website lain, tapi selalu gagal / kadang bentrok dengan program lain (ex:saat play video, selalu restart sendiri. Saya install ulang linuxnya, ternyata ini terjadi setelah saya install driver vganya...) ada yang bisa bantu beri solusi ?
thanks
.
.
.net misalnya...meski ada mono (ya sayangnya mono belum support semua fitur yang ada di .net nya windows) itu yang membuat saya sampai sekarang belum mau beralih ke linux selain masalah instalasi driver vga utk ati. sekalian saya mau tanya aja, bagaimana cara install driver vga utk ati radeon (saya pakai x1600). saya sudah install sesuai user guide di official website nya ati dan bbrp website lain, tapi selalu gagal / kadang bentrok dengan program lain (ex:saat play video, selalu restart sendiri. Saya install ulang linuxnya, ternyata ini terjadi setelah saya install driver vganya...) ada yang bisa bantu beri solusi ?
thanks
.
.
@bogey: > Saya baru tau penggolongan
tsb...karena saya belum pernah melihat programmer yang menggunakan hybrid OO Kalo
Anda ketemu programmer pascal/delphi atau C++, hampir bisa dipastikan dia
mempraktekkann hybrid OO. Sesuatu yg mungkin dia sendiri gak sadar. > utk
Javascript sih, kalau saya pribadi justru tidak pernah menganggap itu sebagai
programming language Nggak butuh
anggapan pribadi untuk menilai sesuatu sebagai programming language atau bukan.
Krn sesuatu agar bisa dikatakan programming language, juga punya kriteria, minimal
bisa melakukan 2 hal berikut: 1.
percabangan (seleksi kondisi). 2. Perulangan.
Perkara itu compiled atau interpreted, itu masalah
lain. Tapi scr konseptual, jika telah memiliki 2 kemampuan di atas, layak
disebut sbg programming language. Bahkan batch file (.bat di dos/win) atau
shell script (.sh di linux) secara konseptual bisa disebut sbg programming
language juga. > ya
sayangnya tidak semua bahasa pemrograman support di linux.... .net misalnya...meski ada mono (ya
sayangnya mono belum support semua fitur yang ada di .net nya windows)
itu yang membuat saya sampai
sekarang belum mau beralih ke linux. Menurut saya, itu bukan salah Linux, tapi salah Anda
memilih bhs pemrograman dan environment-nya. Kita semua kan tau bahwa C# dan
.Net adalah produk proprietary dari Microsoft. Mengharapkan itu bisa jalan di
Linux memang bukan gak mungkin, tapi naif dan lucu! Apalagi
pada dasarnya C# dan .Net memang ditujukan hanya dan untuk platform Windows. Yg
mengatakan bahwa .Net itu cross platform udah ketipu ama Mono, kecuali yg
dimaksud cross platform itu adalah antar sesama OS buatan Microsoft. So, kalo
mau goes cross platform, pilihlah segala hal (gak cuman programming language
aja, tapi termasuk IDE, dlsb) yg memang dirancang untuk cross platform. Java
adalah salah satu contoh bagus. Tapi scr pribadi saya kurang suka krn Java gak
native (butuh VM). Pilihan saya adalah object pascal (dgn compiler FreePascal dan IDE Lazarus). > sekalian saya mau tanya aja, bagaimana
cara install driver vga utk ati radeon (saya pakai x1600). saya sudah install
sesuai user guide di official website nya ati dan bbrp website lain, tapi
selalu gagal Anda pake Linux apa? Distro dan versi brp? Temen saya
pake Ubuntu Gutsy gak ada masalah dgn vga ati-nya. Tapi gak tau persis ati yg
seri berapa. Mungkin ada rekan lain yg bisa membantu
.
.
.
.
@pemakandata: jawabannya
simple karena DOTA gak bisa dijalanin di linux karena itu pada pake windows
semua.... wkwkwwk dasar gamers untung gw bukan dota mania
.
.
.
.
@adinugroho: yakin
mas, DOTA gak bisa jalan di linux.... saya sudah 1 tahun ini main
DOTA di linux, hehe....pake WINE aja udah bisa kok
.
.
.
.
@airmineral: karena di
linux lom bisa autocad + 3dmax. mo cari
yang sama? banyak di linux program CAD dan 3D, tapi ga ada yang sedahsyat itu.
jadi mo gimana lagi... btw, ada ga sih
applikasi yang mirip bootcamp nya mac di linux? bisa jalanin windows native.
soalnya klo windows jalan under bootcamp lebih stabil dan lebih optimal
memanfaatkan resource (klo di benchmark lebih cepetan dikit).
.
.
.
.
@ami: Autocad
di linux namanya Qcad..cari aja di google.. terus kalau corel di linux namanya
inscape...ada lagi flash di linux namanya FLA..pokoknya semua nya ada dech..
cuman photoshop di linux itukan Gimp.. nah menurut saya Gimp ini agak repot..
karena toolnya tidak menyatu dalam satu program.. gimana kawan-kawan...!!
.
.
.
.
@ilkomers03: Aku mo
nanya sama bogey soal lazarus, aku pernah coba pake terus aku compile program
nya kok hasilnya gede banget ya sekitar 11 mb padahal cuma form kosong aja,
tolong gimana setting lazarusnya. Makasih
.
.
.
.
@bogey: @ilkomers03: Itu
masalah yg paling sering ditanyakan. Silakan cari solusinya di wiki lazarus. Googling
juga cepet. Gampang kok. Gutlak.
.
.
.
.