Wednesday, August 24, 2011

Lelaki atau Perempuan yang Lebih Mudah Keriput ???


Anda semua, baik lelaki atau perempuan tentu ingin mempunyai wajah yang tidak mudah keriput terlebih yang sudah melewati usia 30 tahun. Selain posisi tidur yang salah beberapa hal bisa jadi pemicu munculnya keriput sejak dini.

Agar wajah Anda tidak cepat keriput sebaiknya hindari 6 hal berikut ini.

Cuci muka terlalu sering. Mencuci muka memang bagian dari perawatan wajah tapi jangan dilakukan terlalu sering dan bersemangat menggosok kulit wajah Anda. Sebab telalu sering cuci muka bisa menghilangkan kelembaban kulit. Lakukanlah cuci muka seperlunya saja, walaupun terasa kering wajah ini karena cuaca ekstrim saat ini.

Merokok. Seorang perokok baik perokok ringan atau pun berat, lebih cepat muncul kerutan yang bermula di ujung mata lalu akan menyebar ke dahi dan di sekitar pipi. Jadi tidak perlu terburu-buru memutuskan berhenti merokok, yang wajar saja. Walaupun dihimpit beban berat setiap harinya dengan urusan yang tak kunjung surut, merokok bagi sebagian orang bisa melonggarkan saraf-saraf yang lagi stress, tapi kalo tak mau beresiko keriput di usia muda, sebaiknya kurangi sedikit merokok saat stress.

Bobot badan. Jika tidak ingin cepat keriput sebaiknya Anda mulai menjaga bobot badan. Sebab orang gemuk cenderung kulitnya berlipat-lipat dan mudah keriput. Kalau yang sudah terlanjur berbadan besar, tak ada salahnya mulai mengikuti diet ketat. Batasi asupan makanan siap saji, tahan hasrat Anda saat jalan-jalan ke mall dan mampir di food corner.

Banyak cemberut. Jika Anda termasuk orang yang serius cobalah untuk sering tersenyum. Menurut penelitian, pengerutan muka akan cepat terjadi pada orang yang suka cemberut. Terapi yang paling mudah agar tak sering cemberut adalah berkunjung ke kompasiana, klik kategori humor, di sana akan tersaji ratusan tulisan yang akan cukup membuat Anda tersenyum. Apalagi senyum itu ibadah.

Kurang Asupan Gizi. Keriput memang tidak ada obatnya, kalau dipaksakan dengan operasi hasilnya akan membawa dampak yang kurang baik untuk kulit wajah Anda dan biayanya pun mahal. Tetapi hal ini bisa Anda cegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi.

Paparan Sinar Matahari. Menghindari sinar matahari secara langsung ke wajah bisa mengurangi dampak keriput akibat faktor eksternal, bisa dengan kacamata hitam tetapi Anda jangan asal pilih kaca mata. Jika Anda memilih kacamata yang bisa menyerap panas, justru mempercepat munculnya keriput.

Jadi Anda bisa memulai untuk memperbaiki penampilan Anda dengan menghindari kebiasaan buruk seperti di atas, dan masalah lelaki atau perempuan yang mudah keriput bergantung 6 hal di atas. Kalau ada riset lain tentang keriput, tentu bisa melengkapi ulasan ini.