Keputusan media iklan didahului oleh perumusan :
§ jangkauan
§ frekuensi
§ pengaruh yang diinginkan
§ memilih media
§ memilih sarana media
§ memilih penjadualan media
§ alokasi media secara geografis
Jangkauan
Jangkauan adalah jumlah orang atau rumah tangga yang melihat paparan media tertentu, setidaknya sekali dalam periode tertentu.
Frekuensi
Frekuensi adalah banyaknya rata-rata orang atau rumah tangga melihat paparan pesan dalam suatu periode tertentu.
Pengaruh
Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu paparan melalui media tertentu.
Memilih Media
Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media adalah :
§ jangkauan
§ frekuensi
§ pengaruhnya
§ biaya
§ keunggulan
§ kehandalan
Memilih Sarana Media
Pemasang iklan sebaiknya mencari media yang paling efektif-biaya di antara media yang terpilih dan menentukan pilihan di antara yang ada.
Sarana untuk pesan visual :
§ media komunikasi massa
§ media cetak
§ media film
§ media elektronik
Media komunikasi massa dapat berupa kartu undangan, kartu ucapan dan lain-lain. Media cetak dapat berbahan dasar kertas, plastik, besi, kayu dan lain-lain. Contoh sarana media cetak berbahan dasar kertas:
§ brosur
§ leaflet
§ flyer
§ pamflet
§ poster
§ booklet
§ buku
§ buletin
Berbahan dasar selain kertas, misalnya :
§ spanduk
§ banner
§ x-banner
§ umbul-umbul