Wednesday, May 25, 2011

MEDIA ADVERTISING

Keputusan media iklan didahului oleh perumusan :

§  jangkauan
§  frekuensi
§  pengaruh yang diinginkan
§  memilih media
§  memilih sarana media
§  memilih penjadualan media
§  alokasi media secara geografis

Jangkauan

Jangkauan adalah jumlah orang atau rumah tangga yang melihat paparan media tertentu, setidaknya sekali dalam periode tertentu.


Frekuensi

Frekuensi adalah banyaknya rata-rata orang atau rumah tangga melihat paparan pesan dalam suatu periode tertentu.


Pengaruh

Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu paparan melalui media tertentu.


Memilih Media

Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media adalah :

§  jangkauan
§  frekuensi
§  pengaruhnya
§  biaya
§  keunggulan
§  kehandalan

Memilih Sarana Media

Pemasang iklan sebaiknya mencari media yang paling efektif-biaya di antara media yang terpilih dan menentukan pilihan di antara yang ada.

 Sarana untuk pesan visual :
§  media komunikasi massa
§  media cetak
§  media film
§  media elektronik

Media komunikasi massa dapat berupa kartu undangan, kartu ucapan dan lain-lain. Media cetak dapat berbahan dasar kertas, plastik, besi, kayu dan lain-lain. Contoh sarana media cetak berbahan dasar kertas:

§  brosur
§  leaflet
§  flyer
§  pamflet
§  poster
§  booklet
§  buku
§  buletin

Berbahan dasar selain kertas, misalnya :

§  spanduk
§  banner
§  x-banner
§  umbul-umbul